Pintu pagar Kantor Bupati Manokwari, Kamis 11 Juni. Aksi blokade yang dilakukan mahasiswa melumpuhkan aktivitas di kantor ini.

Mahasiswa Duduki Kantor Bupati Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com–Kantor Bupati Manokwari di Sowi Gunung, Kamis (11/6) lumpuh total selama seharian penuh. Semua akses masuk mulai dari pintu pagar di bagian atas dan bawah, pintu utama bagian depan dan belakang gedung yang menjadi simbol Pemkab Manokwari itu dipalang dengan batang bambu.
Aksi itu dilakukan oleh para mahasiswa Manokwari yang kecewa lantaran dana beasiswa tahun 2015 belum juga dibayarkan sampai sekarang. Mereka didukung pula oleh masyarakat yang juga menuntut pembayaran proposal bantuan dana.
Massa yang mengaku mewakili mahasiswa dari 13 kota studi di seluruh Indonesia melakukan pemalangan sejak pukul 09.15 WIT. Setelah menyegel , mereka kemudian menduduki kantor bupati dan melarang para pegawai untuk masuk.
Hingga pukul 13.00, kantor bupati masih dalam keadaan dipalang. Tampak ada belasan massa yang berjaga-jaga di pintu pagar dan di halaman depan kantor. Para mahasiwa mengaku, tidak ada satupun pejabat Pemkab yang datang menemui mereka.
Aldi Ullo, perwakilan mahasiswa menegaskan, aksi itu terpaksa dilakukan karena Pemkab sudah berulang kali ingkar janji. Selama dua bulan terakhir ini, mereka berulang kali datang ke kantor bupati namun yang didapat hanyalah janji tanpa ada bukti.
“Palang tidak bisa dibuka kecuali ada jawaban yang pasti dari Pemda. Karena sekarang ini teman-teman sudah ujian bahkan sebagian pada Sabtu nanti selesai. Sedangkan dana ini (beasiswa) untuk bayar uang semester,” ujar Aldi.
“Kita kecewa karena sudah ada disposisi dari Sekda, dari Bupati dan dari Asisten II tapi kita ke dinas keuangan dan bendahara diputar-putar terus. Mereka seperti tidak ada niat untuk bayar,” lanjut dia.
Mereka mengancam melakukan aksi lebih besar lagi jika sampai Sabtu besok beasiswa belum juga dicairkan. “Kalau tidak ada respon, hari Senin kami bawa massa lebih banyak dan kantor ini akan kami hancurkan semua aset di sini,” ucap Aldi.