Pilkada serentak 2015

Maju Pilkada, Baru Dua PNS Ajukan Pengunduran Diri

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua Barat baru menerima permohonan pengunduran diri PNS dari dua kabupaten/kota yang hendak mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Menurut Plh Kepala Bidang Disiplin dan Pemberhentian Amanda Kambuaya, dua PNS ini adalah Matret Kokop dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Teluk Bintuni pembina tingkat satu IV B dan Muli Lakotan sebagai staf Bappeda dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kaimana tingkat golongan IV B.

Dikatakan Amanda, masih banyak kabupaten yang belum mengajukan permohonan pengunduran diri. Meskipun mereka sudah mendaftarakan diri sebagai calon kepala dan wakil kepala daerah.

“Ada beberapa di kabupaten/kota lain yang PNS, namun belum juga mengajukan permohonan pengunduran diri ke BKD,” tuturnya.

Sebenarnya kata Amanda, calon kepala daerah dari 7 kabupaten/kota juga PNS, namun baru dua yang mengajukan pengunduran diri ke BKD untuk mendapatkan rekomendasi dari gubernur. “Di sini kami hanya menunggu saja dari BKD kabupaten/kota,” katanya.

Ia menjelaskan bagi PNS di kabupaten/kota yang hendak mencalonkan diri di pilkada, maka harus mengajukan permohonan kepada gubernur untuk mereka yang golongan IV B ke bawah dan untuk golongan IIID ke bawah hanya mendapatkan rekomendasi dari bupati/walikota. |DINA RIANTI|BUSTAM