Bupati Kabupaten Sorong, Stepanus Malak
Bupati Kabupaten Sorong, Stepanus Malak

Malak Sasar Peningkatan Sumberdaya Manusia

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Calon Gubernur Papua Barat Stepanus Malak ingin menyasar peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk membangun Papua Barat selama lima tahun kedepan.

Dihubungi dari Manokwari, Senin (31/10), Malak mengatakan, SDM adalah salah satu kunci untuk membangun daerah ini. Ia percaya, jika masyarakat mandiri daerah akan maju.

Selain memperbaiki SDM, pria yang berpasangan dengan Ali Hindom ini berniat untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur penghubung antar wilayah. Ia berharap seluruh daerah di Papua Barat, bisa terhubung antara satu dengan yang lain.

Pengentasan kemiskinan pun menjadi salah satu target kepemimpinanya kedepan. Hal itu akan dilakukan melalui perbaikan taraf hidup masyarakat terutama yang masih berada dibawah garis kemiskinan.

Pasangan ini pun berniat memperbaiki pemerintahan, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Provinsi inikan masih tergolong baru, ada juga kabupaten-kabupaten yang baru dimekarkan.  Perlu peningkatan kelembagaan serta kapasitas para aparaturnya,” ujarnya.

Ia ingin, seluruh aparatur sipil negara cakap melaksanakan tugasnya sebagai abdi masyarakat. Dengan demikian, seluruh fungsi pemerintahan bisa berjalan ideal.

Pasangan Madom ingin mewujudkan Papua Barat sebagai provinsi yang maju dan sejahtera dalam keberagaman.

Terkait pengentasan kemiskinan, ia berupaya agar kedepan ada penelitian serta kajian yang dilakukan untuk mengetahui penyebaran masyarakat miskin dan faktor penyebab kemiskinan yang dialami warga.

“Saya berharap, penelitian itu dilakukan disetiap kabupaten/kota hingga ke Kampung-kampung. Dari kegiatan tersebut diharapkan akan melahirkan konsep yang tepat serta bisa dilakukan pemerintah daerah untuk mengentaskan kemiskinan tersebut,” ucapnya. (IBN)

Tinggalkan Balasan