Gedung DPR Papua Barat

Malas Masuk Kantor Anggota Dewan Bakal Diadukan ke Partainya

MANOKWARI, Cahayapapua.com—— Ketua DPR Papua Barat, Pieters Konjdol menyatakan, kehadiran anggota dewan di kantor dalam dua bulan terakhir ini sangat rendah, padahal waktu kerja anggota dewan telah diatur di dalam tata tertib DPR Papua Barat (DPRPB) yakni, pukul 09.00-15.00 WIT.

“Anggota dewan harus ada di kantor untuk melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing,” kata Pieters, Kamis (28/4).

Menurut Pieters, rendahnya kehadiran para anggota dewan telah dibahas di dalam rapat terbatas pimpinan DPRPB. Ia juga telah menyurati pimpinan 9 fraksi perihal konsentrasi kehadiran anggota dewan.

Dia mengatakan, surat yang dikirimkan ini ditembuskan kepada Badan Kehormatan (BK). Diharapkan, pimpinan fraksi bisa mengarahkan dan membina anggotanya supaya menyadari tugasnya.

“Secara fisik, anggota dewan ini tidak hadir di kantor. Kalau ada kegiatan tiba-tiba, mereka nyambi dalam kegiatan dan mendapat biaya perjalanan dinas dan lainnya. Ini yang tidak boleh,” ujar Kondjol.

Konjdol menegaskan, surat yang dikirimkan akan dievaluasi Kedepannya. Surat serupa, juga akan dikirimkan kepada pimpinan partai politik guna menentukan sanksi bagi mereka yang tidak masuk.

“Parpol juga perlu mengarahkan kadernya. Kondisi ini akan saya sampaikan secara terbuka sehingga silahkan masyarakat menilai kinerja anggota DPR yang telah mereka pilih,” ujarnya lagi.

Kondjol menambahkan, tidak akan segan-segan untuk menindak anggota dewan yang lalai dalam melaksanakan tanggungjawab. ” Di era sebelumnya, ini tidak dilakukan. Satu atau dua bulan kedepan, kita akan evaluasi,” imbuhnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan