DPRD Kab. Manokwari

Manokwari anggarkan Rp. 3 miliar kursi Parpol di DPRD

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 120 juta kepada tiap partai politik (Parpol) pemilik kursi di DPRD Manokwari.

Anggaran tersebut termuat dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Manokwari tahun 2018, seperti yang diakui Pelaksana Tugas Kepala Satuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Manokwari Jaka Mulyana, Sabtu lalu.

Jaka menjelaskan anggaran tersebut seluruhnya berjumlah Rp. 3 miliar jika dikalikan 25 kursi Parpol yang ada di DPRD Manokwari. Anggaran tersebut nantinya akan diserahkan kepada Parpol yang menempati kursi di DPRD Manokwari.

“Satu kursi Parpol di DPRD Manokwari nantinya akan mendapat Rp. 120 juta. Misalnya partai A dapat 5 kursi tinggal kali Rp.120 juta. Dana Parpol tahun ini sama seperti tahun 2017, karena tidak boleh turun,” jelas Jaka.

Anggaran Parpol tersebut, seperti dijelaskan Jaka, 60 persen diperuntukan untuk pembinaan di internal Parpol sementara 40 persen untuk membiayai administrasi Parpol.

Ditanya soal pertanggungjawaban dana Parpol tahun 2017, Jaka menjelaskan, mulai tahun 2017, laporan penggunaan dana Parpol langsung diserahkan masing-masing Parpol ke Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Papua Barat. “Kesbangpol dan pak bupati hanya mendapatkan tebusan saja. Tetapi untuk pencairannya, kita yang verifikasi,” ujar dia. (cr-79)

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: