MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Komisi Pemilihan Umum Manokwari menyatakan telah menerima 60 persen formulir C1 yang merupakan data hasil rekapitulasi suara ditingkat Tempat Pemungutan Suara dalam Pilkada Manokwari.

Sekretaris KPU Manokwari Rustam Effendi mengatakan formulir C1 yang telah diserahkan secara utuh berasal dari 6 Panitia Pemilihan Distrik atau PPD.

PPD tersebut adalah Distrik Manokwari Timur (15 TPS), Distrik Masni (48), Sidey (16), Prafi (46), Tanah Rubuh (24) dan dan Manokwari Utara (23).

PPD Distrik Warmare juga telah menyerahkan formulir C1 namun baru 22 dari 37 TPS. “Sementara Distrik Manokwari Barat dan Manokwari Selatan belum menyerahkan,” ungkap Rustam di kantor KPU Manokwari, Kamis (10/12).

Rustam menjelaskan PPD Manokwari Barat dan Manokwari Selatan sama sekali belum menyerahkan formulir karena petugas TPS memasukkan formulir tersebut dalam kotak suara. Akibatnya dua PPD itu membutuhkan waktu untuk memisahkan formulir dari kotak suara. Jumlah TPS Manokwari Barat dan Manokwari Selatan masing-masing sebanyak 154 dan 37.

Ia mengatakan formulir C1 yang telah diterima KPU selanjutnya akan dipindai untuk dikirim ke KPU RI secara online. Sementara ini pemindaian sedang berlangsung.

Terkait dengan angka partisipasi, Rustam menyebutkan pihaknya belum mengetahuinya. “Kami harap partisipasi meningkat dari pemilihan legislatif dan presiden 2014 lalu,” ujar dia.

Terlepas dari hal itu, ia menyatakan Pilkada Manokwari berlangsung aman dan lancar meski ada beberapa persoalan pada sejumlah TPS. |ADITH SETYAWAN

Leave a Reply