Dana Desa. Ilustrasi

Manokwari Cairkan Dana Desa Tahap Satu

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Setelah mengendap cukup lama di kas daerah akibat belum tuntasnya kelengkapan administrasi, Dana Desa Kabupaten Manokwari tahun 2015 akhirnya cair juga.

Pencairan tahap satu sebesar 17 miliar telah dimulai pada Jumat (23/10) kepada 164 kampung di Kabupaten Manokwari. Adapun pagu Dana Desa tahun 2015 untuk Kabupaten Manokwari adalah sebesar Rp 44 miliar.

“Dana Desa tahap satu sudah ditransfer ke kampung. Tahap dua sudah siap tapi menunggu pertanggungjawaban tahap satu dulu dari kampung, “ kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Robert Rumbekwan pada pembukaan Bimtek Pengelolaan BUMDes di aula hotel Holiday Park Manokwari, Selasa (27/10).

Asisten Tata Praja Cassy Jamlean di tempat yang sama mengimbau para kepala kampung agar memanfaatkan Dana Desa secara baik untuk membangun kampung.

“Untuk Dana Desa ini (pekerjaannya) tidak pakai tender-tender (pakai kontraktor). Tapi direncanakan dan dikerjakan sendiri oleh masyarakat secara swakelola, “pesan Jamlean.

Purwanto, Kepala Kampung Indisey, SP-2 distrik Prafi membenarkan pihaknya sudah menerima transfer Dana Desa tahap I. Dia mengaku anggaran dari pemerintah pusat itu akan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur di kampung seperti pengecoran jalan lingkungan dan sarana sanitasi.

“Besarannya tidak sama setiap kampung. Kalau saya dapat 130 juta sekian, itu tahap satu, katanya 40 persen (dari total yang diterima). Sekarang sudah dipakai untuk pekerjaan di kampung, sekarang sedang berjalan, “ ungkap Purwanto di tempat yang sama.

Terkait pemanfaatan Dana Desa, para kepala distrik diminta untuk melakukan pengawasan dan monitoring ke setiap kampung di wilayahnya masing-masing.
“Kepala Distrik bukan hanya dengar laporan, tapi harus turun untuk awasi dan monitor, “ ucap Jamlean.

Jika di lapangan ternyata kegiatan belum tuntas sepenuhnya, para kepala distrik diharapkan tidak menandatangani rekomendasi untuk pencairan tahap berikutnya.
“Jangan dipaksa kalau belum beres karena tidak ingin masuk ke (Lapas) Kampung Ambon, “ sambung Rumbekwan. | ZACK TONU BALA