Ilustrasi. Foto: Ist

Manokwari Disarankan Rintis Kedaulatan Pangan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Pemerintah Kabupaten Manokwari diminta segera memikirkan terwujudnya kedaulatan pangan di Manokwari. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerentanan kebutuhan pangan saat Manokwari dilanda bencana alam.

Direktur Perdu, Mujianto mengatakan potensi pangan di Manokwari cukup tinggi dan variatif. Potensi ini harus dikembangkan untuk mewujudkan ketangguhan Manokwari saat menghadapi bencana.

Pengembangan pangan dapat diarahkan pada kuantitas dan kualitas hasil produksi, melalui perencanaan dan pengawalan secara intensif terhadap para petani yang ada di Manokwari.

“Masyarakat yang sudah mandiri menghasilkan pangan akan lebih siap bertahan hidup dibanding masyarakat yang masih memiliki ketergantungan dengan daerah lain. Ketergantungan pangan dari daerah lain jauh lebih rentan dan beresiko saat bencana tiba,” kata Muji beberapa waktu lalu di Manokwari.

Kemandirian pangan menjadi hal yang sangat penting bagi setiap daerah dan harus menjadi prioritas dalam pembangunan selain pembangunan sumberdaya Manusia. Kemandirian pangan menjadi tugas pokok dinas pertanian.

Sumber pangan seperti padi, umbi-umbian, dan sagu menurut Muji harus terus dikembangkan. Selain itu masyarakat pun harus terus didorong untuk terus maju mewujudkan kemandirianya.

Muji berpandangan, pemerintah harus segera mengurangi ketergantungan pangan dari luar agar daerah memiliki daya tahan, sehingga jika bencana datang Manokwari tidak perlu menunggu pasokan pangan dari luar.

Untuk menuju kearah kedaulatan pangan bagi kabupaten Manokwari, proses identifikasi dan pengkajian bisa dilakukan terhadap lahan, potensi pangan serta pelaku produksi pangan yang ada di Manokwari.

Selanjutnya kebijakan pemerintah daerah harus bisa diarahkan pada upaya untuk mendorong dan membuka peluang pagi para produsen pangan yang ada di daerah ini.

“Pemenuhan mulai dari skill berproduksi, alat produksi hingga akses yang pasar harus diberikan kepada para produsen pangan di Manokwari,” kata Muji. |TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan