Pencegahan Kaki Gajah. Doc. Cahayapapua

Manokwari Fokus Cegah Penyakit Kaki Gajah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Pemerintah Kabupaten Manokwari kini fokus melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit Kaki Gajah atau Filariasis. Seluruh puskesmas yang ada di Manokwari, secara rutin memberikan pelayanan khusus Filariasis sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, Henry Sembiring kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan, dalam program eliminasi Filariasis yang dicanangkan pemerintah pusat saat ini, para petugas puskesmas telah mengambil peran aktif, dengan mendatangi warga untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Sesuai target eliminasi Filariasis di Kabupaten Manokwari akan selesai akhir tahun ini, dan akan berlanjut terus hingga lima tahun kedepan. Meskipun secara keseluruhan data orang yang terkena penyakit Filariasis belum diperolehnya. Mengingat saat ini pelayanan terhadap penyakit tersebut masih rutin dilakukan baik di rumah sakit maupun puskesmas.

“Di Manokwari ada 16 puskesmas, seluruhnya sudah bekerja. Ada dua puskesmas yang sudah menyelesaikan target 80 persen warga di wilayah, namun belum semua puskemas memberikan laporan,” katanya. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM