Asisten Manajer Pelayanan dan ADM PLN Manokwari, Thihi Chen. | CAHAYAPAPUA.com | Adith Setyawan

Manokwari Peringkat 1 Tunggakan Listrik Tertinggi di Papua

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Tunggakan tagihan rekening listrik di Perusahaan Listrik Negara (PLN) wilayah Manokwari, yang area kerjanya membawahi beberapa kabupaten mencapai sebesar Rp 11 miliar.

Kabupaten yang berada dalam area kerja PT PLN wilayah Manokwari adalah Kabupaten Nabire, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, dan Kabupaten Manokwari Selatan.

Khusus untuk Kabupaten Manokwari total tunggakan tagihan rekening listrik hingga tahun 2014 mencapai Rp 4 miliar. “Kalau kita sampai dengan tahun 2014 kemarin tagihan kita sekitar Rp 4 miliar untuk Kota Manokwari, itu biasa untuk kota Manokwari,” kata Asisten Manajer Pelayanan dan ADM PLN Manokwari, Thihi Chen, Rabu (21/1/2015).

Manokwari menjadi peringkat pertama tunggakan tagihan listrik tertinggi di wilayah Papua dan Papua Barat.

Menurut Thihi, dari tahun ke tahun tunggakan tangihan listrik di kota Manokwari terus meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak pertumbuhan penduduk di kota Manokwari.

Dengan tunggakan sebasar Rp 11 miliar, maka PT. PLN kini mulai giat memutuskan meteran listrik pada para konsumen listrik yang masih menunggak.

“Pada prinsipnya kita langsung putus, nanti mereka datang bayar baru kita pasang lagi. Kita sarankan kalau  memang sering terjadi pemutuskan maka kita imigrasi meterannya ke pas cabayar,” jelasnya.

Dia berharap kesadaran pelanggan PLN dalam membayar listrik sangat diperlukan. “Kami harap masyarakat bisa sadar membayar listrik yang digunakan, jangan sampai pas ditagih alasannya lupa atau sibuk, bagaimana kalau kita (PLN) yang lupa nyalakan listrik di wilayah anda atau sibuk, sehingga tidak bisa menyalakan listrik di wilayah anda,” pungkasnya. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan