Tempat Pemakaman. Ilustrasi

Manokwari Selatan Butuh TPU Baru

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com– Asisten II Sekretariat Daerah Manokwari Selatan, Syahrial menilai sudah saatnya pemerintah daerah menyiapkan Tepat Pemakaman Umum (TPU) yang baru, sebab, pemakaman umum di daerah ini sudah semakin padat.

Hal ini disampaikan, saat menghadiri pemakaman salah satu warga baru-baru ini, “Memang sudah sangat diperlukan lokasi baru untuk TPU, karena lokasi ini sudah sangat sempit,” kata dia seraya mengaku akan berkomunikasi dengan SKPD terkait.

Hal senada disampaikan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Manokwari Selatan, Christopel Mandacan. Chris yang juga ikut dalam rombongan pemakaman itu, mengungkap, tahun depan persiapan dokumen TPU akan menjadi program utama.

“Tahun ini kita sedang melakukan beberapa kajian lingkungan lainnya sehingga untuk kajian TPU kita akan upayakan paling lambat tahun depan,” sebut Christopel

BLH akan berkomunikasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, agar program tersebut bisa disinkronisasikan. “Yang menyiapkan Dinas Pekerjaan Umum, namun sebelumnya kita harus melakukan kajian, supaya program tidak saling menunggu, maka hal ini, akan kita komunikasikan dengan DPU agar disesuaikan dalam rencana anggaran mereka,” imbuhnya.

Rencana ini, direspon baik oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Mansel, Politisi partai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zakir, siap mendukung pemerintah daerah. “Pada intinya, ini merupakan kebutuhan mendasar, bila SKPD sudah siap, saya siap mendukung,” sebutnya.

Seperti diketahui, TPU yang berada di wilayah Distrik Ransiki itu sudah cukup padat, pengembangan TPU ini sudah sulit dilakukan. Di sebelah selatan TPU ini berbatasan dengan Kantor Koramil, sebelah utara gedung SMA, sebelah timur jalan raya, dan sebelah barat berbatasan langsung sungai Warsui.|SOETANTO| EDITOR: TOYIBAN