blogspot.co Ilustrasi Sekolah Hijau

Manokwari Selatan Canangkan Sekolah Hijau

MANSEL, CAHAYAPAPUA.com- Pemerintah Kabupaten Manokwari Selantan, Jumat (12/6/2015) resmi mencanangkan sekolah Hijau. 1000 pohon telah disiapkan untuk seluruh sekolah di Kabupaten tersebut.
Pencanangan Sekolah Hijau ini ditandai dengan penanaman Pohon yang dilaskanakan di SD Inpres 31 Sabri, Ransiki setelah melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lingkungan Hidup kemarin. Penjabat Bupati Manokwari Selatan Lasarus Indow memimpin upacara tersebut.
Setelah menanam pohon, Panitia pelaksana mengumumkan dan menyerahkan hadiah kepada sekolah yang keluar sebagai pemenang lomba Sekolah Hijau yang dilaksanakan Pemda.
Ditingkat SMA, SMA Syalom Terpadu Momiwaren, keluar sebagai juara pertama, disusul SMA Negeri Oransbari juara kedua dan SMA Negeri 1 Ransiki juara ketiga. Pada tingkat SMP keluar sebagai pemenang, SMP Negeri Oransbari disusul SMP Syalom Terpadu dan SMP Negeri Ransiki sebagai Juara Ketiga.
Pada kesempatan itu Kepala kantor lingkungan hidup Manokwari Selatan, Cristofel R. Mandacan mengaku, pihaknya akan mendorong sekolah-sekolah tersebut agar terdaftar sebagai peserta Adiwiyata atau sekolah berbasis lingkungan yang dilombahkan pemerintah provinsi Papua Barat.
Terkait pencanangan ini, Penjabat bupati Mansel dalam arahannya berharap kantor lingkungan hidup mendorong upaya penyelamatan pohon yang dimulai dari sekolah, hal ini untuk mempertahankan indentitas Mansel sebagai daerah penghasil kayu.
“Saya sangat mendukung kegiatan ini, kedepan kayu-kayu has endemik Mansel yang sudah hampir punah bisa dikembangkan kembali mulai dari sekolah, pekarangan rumah, kantor dan bahkan sampai ke kawasan hutan yang kini mulai gundul,” kata Lasarus.|SOETANTO