Gerakan Indonesia Membaca

Manokwari Siap Canangkan Gerakan Indonesia Membaca

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Selasa (20/9/2016), melaksanakan workshop gerakan Indonesia membaca.

Kepala Bidang Pendidikan Informal dan Non Formal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Suprianto kepada wartawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan nasional melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan dalam rangka memberikan bantuan kepada seluruh kabupaten/kota untuk bisa menyelenggarakan Indonesia membaca.

“Kegiatan dari Kementerian agar setiap hari baik di sekolah formal maupun non formal dan juga di masyarakat bahkan keluarga dapat meluangkan waktu 15 menit untuk membaca. Hal ini karena kita tahu budaya membaca di Indonesia masih rendah di bandingkan Negara lain,” ujarnya.

Saransehan yang digelar sehari ini, kata Suprianto, diikuti oleh lembaga mitra seperti Noken Pustaka, Perahu Pustaka, Cinta Baca, Motor Pustaka dan juga pengawas.

Narasumber selain dari Manokwari yakni Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah dan lembaga mitra juga didatangkan narasumber dari pusat.

“Kita membangun sinergitas bersama sehingga dalam saransehan ini nantinya terkumpul harapan dan tujuan untuk kita laporkan kepada kepala dinas agar dapat diambil langkah ke depan,” terangnya.

Menurut Suprianto, pencanangan ini akan dilakukan 22 September 2016 oleh Bupati Manokwari di Pasir Putih.

Dalam pencanangan nanti, tambah Suprianto, akan diberikan bantuan kepada 21 lembaga mitra dan juga pemerintah akan memberikan 71 judul buku untuk disebar di kampung-kampung secara mobile,  di antaranya buku pengetahuan baik perikanan, kehutanan, pertanian maupun buku cerita dan dongeng.

Sesuai data, minat baca di Indonesia masih tegolong rendah. Indonesia berada pada urutan 67 di dunia. Hal ini tentu saja disayangkan karena membaca merupakan jendela informasi dunia. (ACS)

Tinggalkan Balasan