Buruh demo dengan cara bertelanjang dada menolak kenaikkan BBM di Tanggerang, Senin (17/11/2014). Foto : Ist

Manokwari Siapkan Regulasi Khusus Cegah Penyalahgunaan BBM

MANOKWARI – Pengawasan terhadap distribusi BBM bersubsidi di Manokwari harus diperketat Adanya kenaikan harga BBM bersubsidi dikuatirkan membuat praktik penyelewengan yang selama ini terjadi seperti penggunaan tangki modifikasi, penimbunan maupun modus-modus lainnya akan semakin marak.

Untuk itu, menurut Wakil Bupati Manokwari Roberth KR. Hammar, perlu ada regulasi khusus dikeluarkan Pemda yang mengatur tentang pengawasan BBM bersubsidi di Manokwari. Regulasi khusus itu untuk memperkuat peraturan perundang-undangan yang sudah ada.

Hammar mengaku, dirinya sudah menginstruksikan Dinas Perindakop, Dinas Perhubungan serta sejumlah instansi teknis terkait untuk menyiapkan draf regulasi dimaksud dengan melibatkan institusi Kepolisian, Kejaksaan dan Pertamina.

“Saya berharap (draf) regulasi itu bisa jadi dalam minggu-minggu ini karena ini penting supaya pengawasan bisa dijalankan ke semua tingkatan distribusi, “ kata Hammar kepada pers di kantor bupati, Selasa (18/11/2014).

Pengawasan yang ketat, kata Hammar sangat penting untuk menjamin tidak terjadinya kelangkaan BBM yang bisa memicu permasalahan sosial sebagai akibat dari praktik penyalahgunaan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Juga untuk memastikan BBM bersubsidi itu tepat sasaran. Seperti yang sekarang kita lihat, ada banyak truk-truk besar milik perusahaan ikut antri BBM bersubsidi. Makanya harus jelas dulu kepada siapa-siapa yang berhak menerima BBM bersubsidi supaya jelas, sehingga pengawasannya juga jelas, “ucapnya.

Agar efektif, menurut Hammar, pengawasan harus terpadu dengan melibatkan semua institusi yang berwenang serta harus pula terintegrasi dengan sektor lain yang juga terkait langsung dengan BBM, misalnya barang-barang kebutuhan pokok (Bapok).

“Kita harap Manokwari bisa ditata regulasinya bagus supaya bisa menjangkau masyarakat di Pegaf dan Mansel. Jadi kita perlu regulasi yang baik untuk bisa mengawasi distribusi BBM termasuk pengawasan Bapok, “ pungkas ketua Pengcab Panahan Papua Barat itu. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan