Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Pariwisata Manokwari, Aser Wonggor. Abdul Wahab Arey/Cahaya Papua

Manokwari siapkan uji kompetensi guru 2018

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Manokwari pada tahun ini menyiapkan uji kompentensi guru, untuk meningkatkan jumlah guru yang bersertifikasi sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan daerah ini.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan dan Pariwisata Manokwari,  Aser Wonggor, Selasa (27/2), mengatakan, uji kompentesi guru menjadi pembahasan penting dalam Rakornas Kemendikbud baru-baru ini.

“Salah satu poin yang dibahas pada Rakornas adalah tentang uji kompetensi guru (UKG) yang menjadi syarat lulus dan tidaknya seorang guru untuk mendapat sertifikasi,” kata dia.

Syarat untuk seorang guru pegawai lolos dalam UKG, seperti dikatakan Aser, adalah minimal yang bersangkutan memperoleh nilai 80 sesuai bassic ilmunya. Jika kurang yang bersangkutan harus kembali mengikuti UKG di tahun berikutnya.

“Kemendikbud telah memberikan kewenangan kepada masing-masing daerah untuk menginput data-data dari masing-masing guru yang ingin mengikuti uji kompetensi guru, namun terkait dengan kelulusan itu adalah wewenang dari Kemendikbud,” ujarnya.

Aser mengaku sudah mendapat petunjuk dari pusat terkait rencana UKG tersebut. Ia juga menambahkan bahwa, syarat seorang guru yang ingin mengikuti UKG adalah guru pegawai negeri sipil yang telah mendapat SK dari bupati yang ditanda tangani oleh kepala dinas pendidikan.

“Untuk guru yang statusnya adalah honorer, ia harus memiliki sertifikat pendidikan dari perguruan tinggi tempat dimana ia menempuh pendidikan di jenjang strata 1, dan memiliki SK honorer dari sekolah/yayasan tempat ia mengabdi,” katanya menjelaskan.

Sampai saat ini jumlah guru yang sudah mendapat sertifikasi di Kabupaten Manokwari berjumlah 580 orang, terdiri dari 575 orang guru tingkat PAUD, SD dan SMP, sementara 5 lainya adalah pengawas sekolah. | Abdul Wahab Arey

Leave a Reply

%d bloggers like this: