UNBK SMA Negeri 1 Manokwari 2016 lalu

Manokwari Terapkan UNBK Tahun 2018

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pelaksana Ujian Nasional sebentar lagi akan dilaksanakan. Sejumlah sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Dasar, mulai menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun tidak untuk Kabupaten Manokwari.

Hal ini yang diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari, Barnabas Dowansiba, pekan lalu.

Barnabas mengungkapkan, belum diterapkannya UNBK dalam pelaksana ujian bagi SMP-SMP di Kabupaten Manokwari, dikarenakan perlu adanya persiapan yang matang, agar hal ini dapat berjalan seperti yang diharapkan.

“Kalau UNBK mungkin untuk SMP kita laksanakan tahun depan, sedangkan tahun ini kita tidak terapkan UNBK,” ujarnya.

Terkait wacana penerapan UNBK, Barnabas menyebut, hal tersebut baru akan dilakukan di tahun 2018. Sekolah yang akan menerapkan UNBK nantinya, yakni SMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 19 Manokwari.

Meski diakuinya, Pemerintah Pusat telah memberikan fasilitas komputer bagi SMP Negeri 19, namun jumlah perangkat yang diberikan masih terbatas dari jumlah siswa serta belum memiliki server dan belum terinstalasi.

Untuk itu, Dinas Pendidikan memastikan di tahun 2017 ini, akan melengkapi sejumlah sarana dan fasilitasnya, sehingga tahun 2018 mendatang sudah bisa diterapkan. (ACS)

Tinggalkan Balasan