Wakil Bupati Kabupaten Manokwari saat menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) kepada warga kurang mampu di Distrik Prafi

Manokwari Terima Rp. 6 Miliar Lebih, Bantuan PKH Tahap I

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Kabupaten Manokwari tahun ini menerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap satu 2016 senilai Rp 6.7 miliar lebih, yang akan segera disalurkan kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) di daerah ini.

Ketua UPPKH Kabupaten Manokwari, Eliyakim Bonggoibo mengatakan, nantinya dana tersebut akan disalurkan ke 9 distrik jumlahnya bervariasi tergantung dari jumlah penerima KSM di tiap distrik.

“Dana tersebut baru untuk tahap pertama, masih ada tahap kedua, ketiga dan keempat,” kata Bonggoibo siang kemarin.

Dijelaskanya, mengingat program tersebut merupakan program bersyarat yang dikucurkan dari pemerintah pusat untuk menekan angka kemiskinan di daerah, maka setiap warga masyarakat yang memperolehnya harus bisa memanfaatkannya dengan baik sesuai dengan arahan yang telah diberikan.

“Nanti kalau didaftar ditulis terima satu juta tetapi hari ini cuma terima 100 ribu atau 250 ribu, maka penjelasannya adalah satu juta tersebut dibayar selama empat kali dalam setahun,” jelasnya.

Bantuan PKH tahap pertama sesuai data yang dihimpun bagi Distrik Manokwari Barat adalah Rp. 1,7 miliar lebih bagi 1819 KSM atau lebih besar di banding distrik lain.

Sementara distrik yang paling kecil menerima bantuan tersebut adalah Distrik Manokwari Utara dengan total KSM 240, sehingga mendapatkan kucuran PKH sebesar Rp. 235 juta lebih.

Berikut rincian lengkap penerima PKH berdasar distrik. Distrik Manokwari Timur (571 KSM) Rp. 556 juta, Manokwari Selatan (663) Rp. 607 juta lebih, Warmare (582) Rp. 526 juta lebih, Prafi (524) Rp. 475 lebih, Masni (1147) Rp. 1 miliar lebih dan Sidey (570) Rp. 508 juta lebih.

Pembagian bantuan sosial PKH ini juga mencakup dua distrik yakni Distrik Oransbari yang jumlah KSM 407 dengan jumlah bantuan Rp. 313 juta lebih dan Distrik Ransiki (886) dengan total Rp. 777 juta lebih. (ACS)

 

Tinggalkan Balasan