Rapat pimpinan daerah bersama OPD terkait Pencanangan Hari Gerakan PKK Nasional di Kabupaten Manokwari Selatan.

Mansel fokus budidaya mangga dan pisang

RANSIKI, Cahayapapua.com— Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manokwari Selatan H. Bua menyampaikan bahwa pihaknya saat ini fokus untuk memperkuat komoditi, khususnya untuk bua-buahan yang memang cocok untuk wilayah Manokwari Selatan.

Meski ada rencana untuk pengembangan komoditi unggulan seperti durian, namun pengembangannya masih harus melalui tahapan yang panjang, sebab sejauh ini khusus untuk Durian masih sangat sulit untuk tumbuh di daerah itu.

“Saya kira kita masih akan fokus untuk komoditas yang memang pertumbuhannya bagus di daerah kita seperti Pisang dan Mangga, kita akan pertegas itu dulu memastikan daerah ini sebagai daerah Pisang dan Mangga baru kita kembangkan ke komoditas unggulan lainnya,” terang Bua, baru-baru ini.

Pada kesempatan itu, mantan penyuluh pertanian wilayah Ransiki ini juga mengaku untuk saat ini potensi produksi Pisang di daerah ini masih tergolong stabil, namun lebih daripada itu pihaknya ingin lebih memastikan lagi ketersediaan stok, sehingga seketika daerah ini sudah di kenal sebagai daerah penghasil Pisang kapanpun setiap saat masyarakat bisa memproduksinya dalam jumlah yang cukup.

Disampaikan juga, terkait dengan hal ini akan di komunikasikan dengan dinas terkait untuk persiapan pemasarannya, supaya saat masyarakat bisa memproduksi Pisang dalam jumlah yang besar maka mereka juga tidak kewalahan dalam hal memasarkannya.

Sasaran program oleh Dinas Pertanian ini mendapatkan dukungan yang positif dari pimpinan daerah setempat.  Hal ini di buktikan dengan perencanaam pencanangan hari gerakan PKK Nasional yang akan difokuskan di wilayah Manokwari Selatan. Salah satu kegiatannya adalah penanaman Pisang secara massal.

Selain itu, sebelumnya di sepanjang jalan baru yang sementara di bangun, sudah ditanami Pisang di sepanjang jalan, dengan melibatkan masyarakat setempat. |Soetanto

Leave a Reply

%d bloggers like this: