Illustrasi Raperda

Mansel Sosialisasi Raperda Ijin Bangunan dan Gedung

RANSIKI,CAHAYAPAPUA.com – Rancangan peraturan daerah (Raperda) soal Ijin Bangunan dan Gedung di Kabupaten Mansel, Kamis (4/12) lalu disosialisasikan. Hadir pada pertemuan ini Penjabat Bupati sebagai penanggungjawab, Plt Sekda Ir. Costan Mampioper selaku Penasehat, Kepala Dinas PU dan Perhubungan, Ir. Yakobus Harewan selaku ketua dan Kabag Organisasi dan Hukum, D.D. Rumbarar SH, MH sebagai sekretaris.

“Ini tahap awal sosialisasi Raperda secara internal. Kita (Pemda) sebagai fasilitator. Kegiatan ini akan berlangsung dua hari, hari pertama dengan Pemda dan hari kedua bersama komponen masyarakat di Mansel,” kata Kadis PU dan Perhubungan Ir. Yakobus Harewan di Aula Taman Gembira, Distrik Ransiki.

Tim Leader Penyusun Raperda Ijin Bangunan dan Gedung Endang Solohudin menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini menandakan bahwa Raperda dimaksud sudah dimulai dengan memasuki tahap penyusunan.

“ Usai tahap penyusunan akan dilanjutkan tahap legislasi dimana naskah Raperda akan digodok lagi di DPRD. Itu menyangkut pasal demi pasal yang relevan atau pasal mana yang harus dibuang maupun ditambahkan dengan mengacu pada kearifan lokal,” jelasnya.

Melihat antusias kelompok kerja dari satuan kerja terkait, Endang optimis Raperda tersebut bisa rampung dengan segera untuk kemudian dijadikan Peraturan daerah atau Perda. “Saya optimis 2015 sudah diperdakan tentang bangunan gedung ini, jika antusiasme terus terjaga untuk mewujudkan Perda tersebut,”tutupnya.|SOETANTO

EDITOR: IMRAN