Para Bakal Calon Anggota MRPB dari Perwakilan Adat Teluk Wondama Sedang Berdiri Memperkenalkan Diri pada Forum Musyawarah Adat di Wasior, Jumat, 28 April 2017

WASIOR, Cahayapapua.com— Musyawarah adat Kabupaten Teluk Wondama, Jumat (28/4) resmi mengusulkan 11 nama bakal calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) dari perwakilan adat.

Mereka terdiri atas mantan pejabat, mantan pimpinan dan anggota DPRD, tokoh agama, tokoh adat juga dari kalangan masyarakat umum. Ke-11 nama dimaksud adalah mantan Bupati Alberth H. Torey, mantan Ketua DPRD periode 2004/2009 Lazarus B. Warinussy juga mantan Wakil Ketua II DPRD Anton Rosres.

Ada juga mantan anggota dewan Soleman Enuap, Sekda Teluk Wondama yang akan memasuki masa pensiun Yusak Karubuy serta tokoh agama Yoppi Suabey dan Zefanya Yewun.  Juga tokoh masyarakat Yusak Kabiay, Yeremias Wosiri, Marinus Septer Wetebosy dan Kuri Torey.

Dalam musyawarah yang dipimpin ketua LMA Julianus Torey dan Ketua DPMA Adrian Worengga, semua bakal calon diberi kesempatan memperkenalkan diri dan menegaskan komitmen mereka untuk memperjuangkan hak-hak orang asli Papua jika terpilih menjadi anggota MRPB.

Para bakal calon selanjutnya akan mendaftarkan diri sebagai calon anggota MRPB untuk periode 2017/2022 ke panitia pemilihan (Panpil) pada Sabtu, 29 April, hari ini di kantor Kesbangpol.

Panpil bertugas melakukan verifikasi administrasi untuk mengecek kelengkapan persyaratan para calon. Selanjutnya berkas calon yang sudah diverifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat maupun tidak memenuhi syarat dikembalikan kepada musyawarah adat untuk dilaksanakan pleno penetapan calon yang lolos administrasi.

Sebelumnya pada Kamis lalu, musyawarah ormas perempuan juga telah menetapkan 10 tokoh perempuan Wondama sebagai balon anggota MRPB.

Penentuan siapa yang berhak menjadi anggota MRPB dari unsur adat dan perempuan dilakukan melalui seleksi oleh panitia seleksi di tingkat provinsi. Seleksi dilaksanakan melalui 4 tes tahapan yakni tes kesehatan umum, tes tertulis atau psikotes, pembuatan makalah dan tes wawancara. (BRV)

Leave a Reply