Proyek pelebaran jalan utama di kilo meter 17 Kota Sorong yang diblokade Marga Malaseme

Marga Malaseme Klabili Sorong Blokade Proyek Pelebaran Jalan

SORONG, cahayapapua.com- Marga Malaseme Klabili, Rabu (12/8/2015) siang melakukan aksi blokade proyek pelebaran jalan utama, lintas Kota dan Kabupaten Sorong di kilometer 17 Kelurahan Klabili, Distrik Sorong Timur, Kota sorong.
Salah satu pemilik hak ulayat, Ema Malaseme mengatakan, pihaknya sengaja melakukan aksi blokade, lantaran belum adanya pembicaraan oleh Pemerintah Kota Sorong, terkait dengan pembebasan atau ganti rugi lahan sepanjang tiga kilometer, sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 63 Tahun 2013.
Adapun aturan tersebut menerangkan lokasi milik warga yang dilakukan pembokaran untuk dilakukan fasilitas umum, terdapat nilai NJOP atau kesepakatan ganti rugi dengan nilai yang jelas.
“Sampai sekarang Pemerintah Kota Sorong belum melakukan pembicaraan mengenai lahan kami, tiba-tiba datang langsung bongkar dan kerja,” ujar Ema.
Ema menegaskan, selama belum ada itikat baik dari Pemerintah Kota Sorong untuk melakukan pembayaran, pihaknya akan terus melakukan pemalangan hingga ada penyelasaian.
“Selama belum ada pembicaraan kesepakatan, kami tidak akan buka palang ini semua tergantung Pemerintah Kota Sorong dan kontraktornya saja,” kata Ema.
|NASIR|EDITOR : BUSTAM