Logo, KNPI.

Marinus Bonepai: Jangan Gunakan KNPI untuk Kepentingan Politik

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Kepemudaan, Mahasiswa dan Pelajar DPD KNPI Papua Barat, Marinus Bonepai menegaskan, KNPI bukan organisasi politik.

KNPI menurutnya, adalah organisasi pengkaderan yang bersifat independen. Yang bertujuan mencetak kader-kader muda yang berpikir professional, demokratis. Untuk menjadi pemimpin masa depan.
“Jangan gunakan KNPI untuk menjembatani agenda-agenda maupun kepentingan politik jelang Pilkada serentak tanggal 9 Desember mendatang,” kata Marinus, Rabu (16/9/2015).
Lanjut Marinus, beberapa pengurus DPD KNPI di tingkat kabupaten terindikasi menggunakan organisasi sebagai alat politik pada momen Pilkada serentak.
“Ditegaskan kepada DPD KNPI se-Papua Barat dan kelompok pemuda lainnya yang tergabung dalam organisasi KNPI, agar tidak menggunakan KNPI sebagai alat politik,” katanya berpesan.
Diakuinya, basis organisasi yang jelas membuat KNPI sangat potensial untuk digunakan sebagai alat politik. Karena KNPI adalah mitra pemerintah yang bertugas untuk melakukan pembinaan kepemudaan.
“Saya lihat hari ini, KNPI itu tidak fokus pada apa yang menjadi titik perjuangan organisasi. KNPI muncul pada agenda-agenda tertentu sehingga tidak menunjukan perannya sebagai laboratorium kader,” tandasnya.
Marinus menambahkan, jika ditemukan ada pengurus DPD KNPI yang terbukti menggunakan atribut organisasi untuk kepentingan politik. Maka, harus diberikan sanksi tegas.
“KNPI harus kembali pada roh yang sebenarnya, dan tidak menjadi lawan bagi pemerintah. Karena skil yang tidak terkelola sehingga, sampai saat ini, orientasi generasi muda di tanah Papua adalah menjadi PNS,” imbuhnya. |RASYID FATAHUDDIN