Partai PERINDO

Marinus Bonepai : Tidak Produktif, Pengurus Perindo Bisa Diganti

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.COM – Ketua DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Provinsi Papua Barat, Marinus Bonepai mengatakan, pergantian pengurus DPD Perindo Kabupaten Manokwari, sudah dilakukan secara prosedur yang mengacu pada peraturan partai.

“Pergantian ketua DPD saudara Jimmi Morin kepada saudara Roby Wambrauw diputuskan melalui rapat DPW yang dipimpin langsung oleh saya. Hasil rapat itu juga telah disampaikan ke DPP,” kata Marinus, Selasa (6/10/2015).

Menurutnya, DPP memberikan ruang dan kewenangan DPW untuk melakukan pergantian kepengurusan tingkat DPD, jika kepengurusan tidak berjalan sesuai arah serta aturan partai.

“Justru terbalik karena, yang melakukan aksi demo itulah yang tidak mampu melaksanakan tugas pokoknya,” ujar dia.

Ia pun mengatakan bahwa, ketua sebelumnya menyatakan mundur dari partai Perindo dan memilih kembali ke PAN, hal itu disampaikan secara langsung.

“Saya Tanya, tidak mungkin saudara menduduki posisi ketua lagi. Kalau masih bersama perindo silahkan. Tetapi, yang bersangkutan menyatakan mundur dan kembali ke partai lama,” ucap Marinus.

Marinus menambahkan, pergantian kepengurusan bisa saja dilakukan di 13 DPD se-Papua Barat. Hal ini dapat dilakukan jika, para pengurus DPD tidak seirama dengan partai lagi.

Pergantian kepengurusan di tingkat DPW juga telah diusulkan ke DPP. Sejumlah nama pengurus yang dinilai tidak aktif serta tidak mampu melaksanakan tugasnya telah diserahkan ke DPP.

Di Provinsi Papua Barat, sudah ada dua DPD yakni Manokwari dan Teluk Wondama yang telah diusulkan untuk dilakukan pergantian pengurus. Hal ini dilakukan sebagai komitmen Partai untuk menghasilkan mesin partai yang kuat.

“Jika tidak mampu maka dilakukan perombakan-perombakan. Jangan berpikir telah mengantongi SK lantas duduk diam saja, karena proses pergantian bisa dilakukan,” tandasnya.

Sebelumnya, Aliansi Masyarakat Papua Barat Peduli Partai Perindo, Senin (5/10/2015) menggelar aksi demonstrasi di kantor DPW Perindo. Demo ini dikomandani, Jimmi Morin, salah satu pengurus yang diberhentikan.

Tuntutan dalam aksi itu adalah, mengganti ketua DPW, Marinus Bonepai dan sekretarisnya, Jemy J.Liunsanda karena dinilai tidak mampu melaksanakan amanah partai.

Aksi demonstrasi yang diikuti sekiranya 20 an orang ini, juga mempertanyakan SK DPD Perindo Kabupaten Manokwari. Para demonstran juga sempat menyegel kantor DPW. Namun aksi ini tak berlangsung lama.|RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBA