Ilustrasi. Foto: Ist

Marthen L Rumadas Mengeluh Sakit, Kejaksaan Tak Percaya Begitu Saja

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Mantan Sekretaris Daerah Papua Barat, Marthen L. Rumadas, masih mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Abepura, Jayapura, meski ada informasi bahwa ia sakit.

Seperti diketahui, Rumadas ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangkan dalam dugaan korupsi APBD Papua Barat tahun 2012, senilai Rp 78 Miliar.

Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Elisa Sahat Maruli Hutagalung  saat dihubungi CAHAYAPAPUA.com, kemarin mengakui bahwa Rumadas memang mengeluh sakit, namun pihaknya belum meyakini hal itu sebab belum ada laporan tertulis dari dokter.

“Kami belum mendapatkan laporan secara resmi dari tim dokter Lapas Abepura. Jika betul sakit, harus disertai laporan dokter lapas. Kejaksaan juga akan menurunkan tim dokter untuk mengecek keluhan itu,” ujarnya.

Maruli Hutagalung  mengatakan sejumlah tahanan yang sedang menghadapi proses peradilan, memang kerap mengaku sakit, agar bisa keluar dari tahanan. Padahal sebelum dijebloskan ke tahanan, kondisinya baik-baik saja.

Modus itu sudah menjadi pelajaran tersendiri bagi pihaknya. Kejaksaan tidak akan percaya begitu saja atas keluhan sakit para tahanan. Kerap, itu adalah cara untuk mengelabui aparat agar menjalani penahanan di luar sel.

“Tersangka, jika ditahan pasti mengeluh sakit. Padahal sebenarnya mereka hanya berpura pura saja. Mereka tidak mau masuk di dalam,  hanya ingin berstatus tahanan kota atau tahanan rumah,” katanya.|TAKDIR

Editor: Patrix Barumbun Tandirerung

Tinggalkan Balasan