Pelaksanaan diklat kepemimpinan berlokasi di badan diklat Papua Barat, Andai, Manokwari.

Materi Diklat Kepemimpinan PNS Tekankan Semangat Anti Korupsi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com — Proses diklat kepemimpinan PNS saat ini tidak lagi sama dengan proses sebelumnya. Perubahan proses ini mengacu pada Peraturan Kepala Lembaga Administrasi RI Nomor 13 tahun 2013 yang berakar dari UU Aparatur Sipil Negara yang menekankan terjadi reformasi birokrasi.

Kepala Badan Diklat Provinsi Papua Barat Marthinus Salamala mengatakan, jika sebelumnya pelatihan mendorong agar peserta diklat menggunakan model kepemimpinan manajer dalam memimpin maka saat ini yang dilakukan ialah mendorong potensi diri peserta.

Ia menjelaskan upaya mendorong potensi peserta dilakukan dengan cara mengubah pola latihan dan materi yang seluruhnya tidak sama lagi dengan modul-modul sebelumnya.

Potensi diri tersebut didorong dengan cara menginfiltrasi nilai-nilai dasar PNS sebagai pejabat publik seperti nasionalisme, etika publik, komitmen untuk mutu pelayanan pemerintahan dan komitmen anti korupsi.

Dengan model baru tersebut, para PNS yang kemudian akan bertugas sebagai pengambil kebijakan ini juga dituntut untuk memenuhi sejumlah standar sebagai PNS. Salah satu standar ialah mereka akan dinilai berdasarkan skor.

“Jika nilai atau skor mereka dalam bekerja kurang dari 50, maka akan mendapat sanksi. Jadi jika para pegawai lama berjalan dengan gaya sekarang dan tidak berubah mengikuti pola yang baru, mereka akan selesai,” kata Salamala. “Ini memang sangat berat tapi akan terus berjalan.”

Salamala mengatakan sejauh ini 330 pejabat di lingkungan pemerintah Papua Barat telah mengikuti pra jabatan dan diklat kepemimpinan tahap awal. Diklat tersebut kemudian dilanjutkan dengan diklat kepemimpinan IV angkatan VI yang baru dimulai kemarin.

“Selain itu prajabatan dan diklat kepemimpinan III juga dilaksanakan oleh kabupaten Manokwari Selatan dan Kota Sorong.  Dan nanti tanggal 14 September akan dibuka prajabatan untuk Kabupaten Maybrat di Maybrat,” tambah Salamala. |DINA RIANTI