Pilkada Serentak

Matias – Ismail Polisikan Ketua KPU Kaimana

KETUA tim pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kaimana, Matias Mairuma-Ismail Sirvefa, H Umar Sabuku resmi melaporkan Ketua KPU Kabupaten Kaimana ke Polres Kaimana.

Laporan ini dilakukan atas dugaan penipuan yang dilakukan KPU menyusul penetapan calon peserta Pilkada Kaimana 24 Agustus 2015. Laporan itu dilakukan pada 25 Agustus 2015 dengan No.LP.K/163/VIII/2015/Papua Barat/RES KAIMANA/SPKT II.

Kuasa hukum Matias Mairuma-Ismail Sirvefa (MANIS), Yan Christian Warinussy mengatakan, ketua KPU Kaimana diduga melakukan penipuan karena yang bersangkutan tidak menepati janjinya untuk memberikan penjelasan kepada tim dan pendukung Matias-Ismail mengenai alasan KPU yang tidak mengakomodir Matias-Ismail sebagai calon pada Pilkada Kaimana 2015.

Yan menyebut, pada 24 Agustus lalu, Ketua KPU Kaimana berjanji akan memberikan penjelasan kepada tim MANIS pada pukul 19.00 WIT hari itu. Namun setelah ditunggu-tunggu hingga 25 Agustus, KPU tidak memberikan penjelasan tersebut.

Hal ini kata Warinussy merugikan klienya, karena tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya pada Pilkada ini. Diantaranya, Pasangan Manis tidak bisa mengikuti pencabutan nomor urut yang dilaksanakan KPU pada 25 Agustus lalu.
Selain menunggu proses hukum atas laporan itu, pasangan MANIS saat ini tengah menunggu putusan Panwaslu Kaimana atas pengaduan yang dilakukan menyangkut tindakan KPU yang tidak mengakomodir Manis sebagai kandidat pada Pilkada ini.

Acara Musyawarah perkara sengketa Pilkada Kaimana no.01/PS/PWSL.KMN.34.03/VIII/2015 sudah dilaksanakan 31 Agustus 2015, dan akan kembali dilaksanakan pada 8 September mendatang dengan agenda tanggapan termohon yakni KPU kabupaten Kaimana. |ADVERTORIAL