Pilkada serentak 2015

Matias – Sirfefa Apresiasi Keputusan KPU Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Kuasa Hukum calon pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Kaimana, Matias Mairuma-Ismail Sirfefa (Manis) mengapresiasi sikap dan keputusan KPU Provinsi Papua Barat yang akan menindaklanjuti keputusan Panwaslu Kabupaten Kaimana nomor 01/PS/PWSL.KMN.34.03/VIII/2015 tanggal 07 September 2015. Keputusan ini meminta KPU meloloskan pasangan “Manis” dalam Pilkada Kaimana.

“Pernyataan Ketua KUP Provinsi Papua Barat(Amus Atkana) yang akan menindaklanjuti keputusan Panwaslu merupakan wujud pendidikan hukum dan demokrasi yang baik dalam peyelenggaraan Pilkada,” kata Koordinator Kuasa Hukum pasangan Manis, Yan C.Warinussy melalui siaran pers yang diterima Redaksi Cahaya Papua, Kamis (24/9/2015).

Menurut dia, wujud pendidikan hukum dan demokrasi dalam penyelenggaraan demokrasi melaui Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bukan saja untuk Provinsi Papua Barat. Akan tetapi, utamanya di Indonesia sebagai salah satu pilar demokrasi di kawasan Asia-Pasifik.Hal ini disebabkan karena memang Keputusan Sengketa yang dikeluarkan oleh Panwaslu Kabupaten Kaimana tersebut sesuai dan sejalan dengan amanat UUnomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, UU nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota.

Juga merujuk pada peraturan Bawaslu nomor 8 Tahun 2015 tentang tata cara penyelesaian sengketa Pilkada Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami dan juga klien kami sangat menghormati asas-asas demokrasi yang berlaku dalam proses penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Kaimana,” ujar Warinussy.

Sebelumnya, Keputusan KPU Kabupaten Kaimana No.032/KPU-KAB-032/VIII/2015 tanggal 24 Agustus 2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupatyi Kaimana Tahun 2015 menggurkan pasangan Manis.

Pasangan Manis melakukan upaya hukum karena keputusan itu dipandang telah merugikan hak-hak politik pasangan tersebut. Dengan mengajukan gugatan ke Panwaslu Kabupaten Kaimana.

“Panwaslu menerima permohonan kami untuk seluruhnya dan keputusan tersebut bersifat final dan mengikat, serta memiliki kekuatan eksekutorial untuk dapat dilaksanakan oleh pihak KPU setempat,” tuturnya.

Warinussy menambahkan, KPU sangat sulit menerima putusan tersebut.Tetapi,ini adalah bagian dari proses hukum dan demokrasi yang mesti dijalani.

“Kami dengan besar hati ingin menyampaikan bahwa, kami akan sangat mendukung KPU Kabupaten Kaimana selaku penyelenggara Pilkada sepanjang berjalan diatas aturan hukum yang berlaku,” pungkasnya.|RASYID FATAHUDDIN