Matotuo, Makhluk Mitologi Prasejarah di Kaimana (Fajar Pratama /detikNews)

Matotuo, Makhluk Mitologi Prasejarah di Kaimana

JAKARTA, CAHAYAPAPUA.com – Ada temuan menarik di kawasan bebatuan di Tanjung Bicari, Papua Barat. Banyak gambar-gambar yang unik dan misterius peninggalan manusia pra sejarah. Tak heran kalau kemudian Balai Arkeologi Jayapura turun tangan melakukan penyelidikan.

Salah satu gambar yang misterius perwujudan mirip alien. Gambar itu terpampang di dinding berwarna merah. Kepala Balai Arkeologi Jayapura Muhamad Irfan menyebut gambar itu sebagai makhluk mitologi manusia prasejarah di Kaimana.

“Ini Matotuo, binatang mitologi, perwujudan leluhur,” jelas Irfan, Kamis (4/12/2014).

Menurut dia, darimana manusia prasejarah ini bisa menggambarkan wujud seperti itu biasanya berdasarkan abstraksi saja yang bersifat imajiner.

“Pada masa prasejarah, seni dan religi itu imanen, hampir-hampir sulit dipisahkan antara dunia sakral dan profan. Diduga kuat pelukisan dilakukan dalam kaitan ritual tertentu, sebagaimana diindikasikan kehadiran lukisan matotua pada banyak panel dinding,” urai Irfan.

Di kawasan bebatuan dengan bentang alam yang indah di Tanjung Bicari itu memang tak hanya satu saja gambar Moatotua. Ada banyak seperti itu di dinding bebatuan.

“Kami masih melakukan riset,” jelas dia. (Sumber: detikNews)

Tinggalkan Balasan