Asisten I Setda Provinsi Papua Barat saat pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke 19 tahun 2015, di halaman Kantor Gubernur Papua Barat, Jalan Siliwangi, Senin, (27/4/2015).

Mendagri Minta Pemerintahan Dikelola Secara Bersih

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com —– Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta Aparatur Sipil Negara di daerah untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan terpercaya dalam melayani masyarakat. Pemerintah daerah juga diminta merapatkan barisan dan bahu membahu bekerja seoptimal mungkin untuk memberikan pelayanan publik yang efektif dan demokratis.

Asisten 1 Setda Provinsi Papua Barat Musa Kamudi menyampaikan pesan Djahjo tersebut dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke 19 di halaman Kantor Gubernur Papua Barat, Jalan Siliwangi, Senin, (27/4/2015).

Selain pesan itu ia mengingatkan pemerintah daerah untuk memaknai bahwa Otonomi Daerah (Otda) diberikan dengan tujuan akhir ialah meningkatkan kesejahtreraan masyarakat.

Secara global, ia menegaskan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN yang bakal digulirkan secara penuh pada Desember 2015 harus menjadi daya dorong daerah untuk menciptakan daya saing ekonomi.

Menurut Mendagri mengatakan meningkatnya perekonomian daerah pada gilirannya dapat kemiskinan karena mendorong lapangan pekerjaan baru, meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan. Meski begitu ia mengingatkan bahwa kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup dalam pengelolaan ekonomi juga tetap harus diperhatikan.

Tidak sampai disitu, Mendagri menekankan bahwa menjaga kerukunan antar suku dan agama serta meminimalisir berbagai pengaruh dari dalam dan luar negeri yang memunculkan tindakan-tindakan feodalisme serta mengancam keamanan nasional regional dan global juga tetap penting. |RIZALDY