Peresmian kantor gubernur Papua Barat yang terletak di bukit Arfai II Manokwari, sekaligus deklarasi Papua Barat sebagai provinsi konservasi, Senin lalu.

Mendagri; Provinsi Konservasi, Departemen Terkait Akan Tambah Anggaran

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Menteri Dalam Negeri Djahjo Kumolo memastikan pemerintah akan mengucurkan menambah anggaran untuk membantu provinsi Papua Barat dalam statusnya sebagai provinsi konservasi.

Papua Barat dideklarasikan sebagai provinsi konservasi oleh gubernur, bupati dan wali kota se Papua Barat dalam peresmian kantor gubernur Papua Barat di bukti Arfai II, Manokwari Senin lalu. Deklarasi tersebut disaksikan Mendagri Djahjo dan ratusan warga.

Sebagai provinsi konservasi, Papua Barat menekankan diri untuk mengelola sumberdaya alam secara adil dan berkelanjutan dan berkomitmen untuk menekan kerusakan lingkungan.

Mendagri mengatakan, anggaran provinsi konservasi akan dialokasikan melalui departeman terkait. “Pasti dong departemen terkait akan menambah anggaran,” kata mendagri di Manokwari.

Papua Barat menurut mendagri juga bisa mengalokasikan anggaran provinsi konservasi melalui dana Otonomi Khusus. “Itu arahnya juga untuk kesejahteraaan masyarakat kedepan,” katanya.

Mendagri mengatakan deklarasi Papua Barat sebagai provinsi konservasi patut diapresiasi sebagai sejarah yang perlu dikenang.

“Pak gubernur sudah menata ini (provinsi konservasi) dengan baik selama dua periode memimpin provinsi ini. Saya kira ini patut jadi sejarah dan kedepan harus lebih baik,” kata Djahjo. |DINA RIANTI