Kantor-Gubernur-Papua-Barat

Mendagri Resmikan Kantor Gubernur Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- Menteri Dalam Negeri Djahjo Kumolo disebut akan tetap hadir di Ibukota Provinsi Papua Barat, Manokwari, untuk meresmikan kantor Gubernur Papua Barat yang terletak di atas lahan seluas 40 hektar, Arfai, hari ini.

Peresmian ini akan mengukir sejarah kepemimpinan Gubernur Abraham O Atururi, khususnya dalam menyediakan infrastruktur perkantoran yang representatif bagi pelayanan masyarakat di provinsi kedua di tanah Papua ini.

Seksi Publikasi dan Dokumentasi Panitia Peresmian Gedung Kantor Gubernur Papua Barat, Drs. Ferdinand Teniwut menyatakan, dalam peresmian itu akan dilakukan sejumlah agenda, diantaranya laporan pembangunan kantor oleh kepala Dinas PU Papua Barat, sambutan selamat datang dari Gubernur Abraham O Atururi dan peresmian yayasan kemitraan jantung konservasi dunia yang ditandai dengan penandatanganan piagam oleh gubernur.

Selain itu juga akan dilakukan deklarasi provinsi konservasi yang diawali dengan penyerahan surat izin lingkungan kawasan perkantoran Pemprov Papua Barat seluas 40 hektar dari bupati Manokwari kepada gubernur Papua Barat. “Nanti ada pembacaan deklarasi Provinsi Papua Barat sebagai Provinsi Konservasi oleh Bapak Gubernur,” ujar Pemimpin Redaksi Cahaya Papua ini.

Pria yang juga Ketua PWI Papua Barat ini menambahkan peresmian gedung yang dilakukan oleh Mendagri Tjahjo Kumolo nanti, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirene.

“Sebelumnya ada penandatanganan nota kesepakatan bersama disaksikan Bapak Mendagri yakni deklarasi sebagai Provinsi Konservasi. Ada pula 100 penari yang menampilkan tarian kolosal serta atraksi terjun payung dari TNI AD kesatuan Kostrad dan Marinir,” tutup Ferdinand.

Secara terpisah Ketua Panitia Peresmian kantor Gubernur Musa Kamudi menyatakan, Menteri Djahjo akan tetap hadir untuk meresmikan kantor gubernur. Pernyataan ini dikeluarkan menyusul adanya kabar bahwa Mendagri batal ke Manokwari karena Bandara Rendani diselimuti kabut asap.

Menurut Musa, Tjahjo diperkirakan akan berangkat dari Sorong ke Manokwari menggunakan pesawat carteran Susi Air atau alternative lain menggunakan kapal Labobar bersama wakil gubernur yang dijadwalkan tiba Senin pagi.

Sementara itu, sejumlah persiapan peresmian telah disiapkan Minggu sore. Panitia mengadakan gladi bersih peresmian serta latihan terjuan payung dari Marinir Jayapura dan Surabaya. | IMRAN| DINA RIANTI