Mendagri, Tjahjo Kumolo

Mendagri Sudah Tetapkan Ketua DPR Papua Barat Baru

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan sudah menerbitkan SK terbaru ketua DPR Papua Barat. Mendagri mengatakan SK ketua DPR PB yang sebelumnya sudah tidak berlaku lagi karena sudah ada SK untuk calon ketua DPR baru yang disusulkan dari DPP Partai Demokrat.

“Secara nasional, masalah rekomendasi calon ketua DPR Papua Barat dari partai Demokrat sudah clear. Saya sudah bertemu dengan Menkopolhukam dan kami sudah melakukan pertemuan dengan pimpinan partai Demokrat untuk dipertimbangkan supaya keinginan masyarakat Papua Barat bisa terwujud, yang penting musyawarah dan mufakat pasti aman,” kata Mendagri usai meresmikan kantor gubernur kemarin.

Kepala Biro Pemerintahan Papua Barat Elisa Sroyer mengatakan bahwa Mendagri sudah mengganti nama ketua DPR Papua Barat, namun ia enggan menyebut nama pengganti tersebut. “Saya pikir apa yang diputuskan mendagri ini sudah memenuhi keinginan masyarakat Papua Barat yang menginginkan ketua DPR kita ini harus orang asli Papua,” katanya.

Sroyer mengatakan, terkait permohonan pengajuan ketua DPR yang baru, gubernur telah menghadap kepada mendagri dan surat permohonan itu sudah ditindaklanjuti kepada DPP partai Demorat secara lisan. “DPP Demokrat pada prinsipnya mendukung apa yang diaspirasikan masyarakat,” kata Sroyer.

Sebelumnya, SK ketua DPR PB diberikan kepada Matheos Selano namun setelah terjadi demo dari masyarakat, akhirnya gubernur menyurat dan menemui mendagri yang akhirnya ditindaklanjuti ke DPP Demokrat. |DINA RIANTI