Potret Banjir Manokwari beberapa pekan lalu.

Mendesak, normalisasi Sungai Transito Wosi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Warga yang mendiami Kampung Bugis kini tak bisa tidur nyenyak. Acap kali hujan melanda kota ini dan ditambah air laut pasang,  bisa dipastikan terjadi peningkatan volume air sungai Transito Wosi.

Alhasil warga setempat mendesak Pemkab Manokwari untuk melakukan normalisasi sungai tersebut. “ Sungai Transito Wosi ini sudah dangkal. Kalau hujan turun dan air laut pasang, air sungai langsung meluap sampai ke pemukiman warga,” kata warga Kampung Bugis, Ellias, Senin (6/18) usai menerima bantuan sembako dari Pemda Manokwari.

Ia mewakili warga setempat mengusulkan kepada Pemda Manokwari untuk melakukan normalisasi sungai atau pengerukan serta membuat  tanggul di sepanjang daerah aliran sungai atau DAS.

“Perlu dibuat tanggul beton di sepanjang DAS supaya mencegah air sungai meluap. Ini mendesak yang kami harapkan segera bisa diwujudkan pemerintah daerah,” usulnya.

Terkait kebersihan lingkungan, tokoh pemuda Kampung Bugis ini berjanji siap mendukung program pemerintah daerah  untuk menjaga lingkungan mereka agar terbebas dari sampah.

“Akibat pendangkalan sungai, membuat kami (warga,red.)  alami kebanjiran. Tentu kita akan jaga lingkungan kami dengan tidak membuang sampah ke sungai,”  tandasnya. | Lisna Boroallo

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: