Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. |CAHAYAPAPUA.com | Rasyid Fatahudin

Mensos: Beras Miskin Tak Layak Konsumsi Jangan Dibagi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—– Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menghimbau pihak terkait agar tidak menyalurkan Beras Miskin (Raskin) kepada keluarga miskin jika tak layak konsumsi.

Menteri menekankan agar sebelum Raskin dibagikan, pemerintah daerah memeriksa kelayakan beras lebih dulu ke Bulog setempat. Pemeriksaan untuk memastikan Raskin tidak rusak atau berbau.

“Harus dicek sendiri. Jangan sampai nanti barang sudah sampai ke penerima baru diketahui kualitasnya kurang bagus,” kata Menteri Khofifa menjawab pertanyaan jurnalis soal kelayakan beras Raskin ketika berkunjung ke kantor Redaksi Harian Umum Cahaya Papua di Manokwari, Senin, (11/5/2015). Mensos berada di Manokwari dalam agenda kunjungan bersama Presiden Joko Widodo.

Khofifa mengatakan, memang Perum Bulog menjamin bahwa mereka akan menerima pengembalian beras yang ditemukan tak dilayak konsumsi, namun proses untuk mendapat Raskin pengganti akan rumit.

“Masyarakat (penerima) juga belum tentu tahu gudang Bulog itu letaknya dimana. Belum lagi jika pengelola gudang bertanya beras ini (yang hendak dikembalikan) dari mana, jangan-jangan beras dari pasar,” kata Khofifa menggambarkan kemungkinan kesulitan yang akan ditemui masyarakat penerima Raskin yang ingin mengembalikan beras rusak. “Maka itu sebelum dibagi sebaiknya dipastikan apakah (Raskin) layak atau tidak.”

Menurut Mensos di Bulog, Raskin tak layak konsumsi akan dimusnahkan. “Jadi janganlah sesuatu yang tidak layak konsumsi dibagi kepada masyarakat,” kata Mensos mengingatkan. |MUHAMMAD RIZALDY

 

Tinggalkan Balasan