Mensos Khofifah Indar Parawansa menyalurkan bantuan pemerintah kepada penyandang disabilitas di Manokwari, kemarin.

Mensos: PKH Juga Tersedia bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Menteri Sosial Khofifah Indar Pawaransa menyatakan, pemerintah tidak hanya memberlakukan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi kalangan Keluarga Sangat Miskin (KSM), tapi juga kepada para penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Penegasan ini disampaikan Mensos dalam pertemuan dengan para pendamping PKH Provinsi Papua Barat dan Manokwari di hotel Mansinam Beach, Senin (4/4/2016).

Mensos menyatakan, informasi keberadaan PKH bagi kalangan disabilitas dan lansia, selalu menjadi salah satu topik utamanya ketika bertatap muka dengan pendamping PKH di daerah lain di seluruh Indonesia.

Di Papua Barat, ia berharap program ini disebarkanluaskan secara massif untuk menjangkau KSM, penyandang disabilitas dan lansia. “Jangan sampai informasi ini tidak sampai, padahal semestinya banyak warga yang berhak menerimanya,” kata Menteri.

Menurut Mensos, pemerintah pusat juga memberi honor kepada para pendamping sebagai upaya mendorong optimalisasi dan penyerbarluasan informasi mengenai program tersebut.

“Kami berharap pemerintah daerah ikut memberi apresiasi terhadap program ini, misalnya menambah honor kepada pendamping atau fasilitas berupa motor atau laptop,” ujarnya.

Koordinator Wilayah Pendamping PKH Provinsi Papua Barat Levianus Wanggai mengatakan, di Papua Barat, baru 3 kabupaten yang terjangkau program PKH yakni Manokwari, Manokwari Selatan dan Kota Sorong. Sejauh ini ia mengaku program ini baru menyasar KSM sebanyak 14.451 keluarga.

“Kami berterima kasih sebab salah satu pengembangan PKH ditahun 2016 menyasar komponen disabilitas dan lanjut usia. Ini selaras dengan kebijakan Presiden agar mendorong penanggulangan kemiskinan,” ujar Levianus usai pertemuan tersebut.

Tatap muka ini juga diwarnai dengan pemberian bingkisan ulang tahun kepada para pendamping yang bulan Maret atau April mendatang merayakan ulang tahun.

PKH merupakan salah satu program prioritas Kemensos pada masa pemerintahan Joko Widodo. Jumlah penerima program ini pada Juni tahun ini akan menjadi 6 juta jiwa atau bertambah 2,5 juta dibanding tahun-tahun sebelumnya.

PKH juga merupakan program yang diterapkan di sejumlah negara di dunia dalam upaya menanggulangi kemiskinan. Salah satu negara yang menerapkan program ini adalah Brazil. (MAR)

Tinggalkan Balasan