Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise disambut anak-anak dalam kunjugannya ke Manokwari. Selain mengunjungi sejumlah sekolah beberapa waktu lalu. Doc. CP

Menteri Yembise Tekankan Pendidikan Tanpa Kekerasan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise mengunjungi tiga sekolah sekaligus menyerahkan bantuan komputer dan cinderamata dalam kunjungannya ke Manokwari, Kamis lalu.

Ketiga sekolah yang kunjungi tersebut SMA (Yayasan Pendikan Katolik) YPK Pasir Putih Manokwari, SMP YPK Fanindi dan SD YPK 14 Maranata Kota. Selain bantuan, menteri juga menyampaikan beberapa pesan kepada kepala sekolah dan para guru.

“Guru-guru dapat mendidik anak-anak dengan baik, jangan ada kekerasan, anak-anak harus dilindungi, jangan dieksploitasi, jangan menggunakan kekerasan dalam menghukum mereka,” kata Menteri Yembise soal pesannya.

Selain itu, ia juga menyampaikan pesan kepada anak-anak sekolah yang ia kunjungi agar menjaga pergaulan, sikap dan perilaku yang dapat diteladani anak-anak lainnya. “Anak-anak agar jangan sampai ada kekerasan seperti perkelahian sesama siswa, tawuran dan saling bully.”

Ia menekankan agar, pemerintah provinsi dan kabupaten kota serta sekolah memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak-anak, baik di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan yang utama lingkungan keluarga.

“Kita harus menjaga suasana belajar mengajar di sekolah dengan menerapkan pendidikan tanpa kekerasan, sehingga anak-anak yang didik menjadi anak-anak yang berprestasi,” imbuhnya.

Soal bantuan menteri meminta agar, “Komputer-komputer ini bisa digunakan anak-anak mengakses informasi dan melatih menggunakan komputer, karena anak-anak ini kita persiapkan agar bisa bersaing dengan anak-anak di daerah lain atau bisa go internasional.”

Ia juga mengemukakan alasanya mengapa dirinya hanya mengunjungi tiga sekolah tersebut, “Kenapa kunjungan saya kali ini hanya mengunjugi sekolah YPK ? karena YPK merupakan yayasan yang pertama kali menjalankan pendidikan di tanah Papua, sehingga banyak putra-putri Papua bisa merasakan pendidikan.”

Dalam kunjungan tersebut Menteri Yembise didampingi Asisten I Setda Papua Barat bersama pimpinan dan staf Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat.

Pantauan Cahaya Papua, disetiap sekolah yang dikunjungi, Menteri Yembise disambut secara sederhana oleh para siswa dan guru-guru dengan menampilkan tarian khas Papua. | RIZALDY