Kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise di Manokwari, Papua Barat, Selasa (11/11/2014) disambut proses adat. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Inilah Tugas Khusus Presiden untuk Yohana Yembise

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata memiliki pertimbangan khusus kenapa dirinya memilih Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) dari tanah Papua.

Jokowi rupanya menginginkan kaum perempuan Papua bisa secepatnya setara dengan sesama kaumnya dari wilayah Indonesia lainnya.

Alasan ini lah yang akhirnya mendorong Jokowi menjatuhkan pilihan pada Yohana Yembise sebagai Menteri P3A dalam Kabinet Kerja, selain tentu saja karena  kompetensi dan latar belakang akademik Yohana Yembise selaku profesor perempuan pertama di tanah Papua.

“Saya mempunyai beban yang berat karena saya diberi tugas khusus oleh bapak Presiden untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan Papua,“ ungkap Yembise pada saat membuka Musyawarah Daerah Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) se tanah Papua di Manokwari, Papua Barat, Selasa (11/11/2014).

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi telah menegaskan bahwa pembangunan selama lima tahun kepemimpinnya bersama Wapres Jusuf Kalla akan dimulai dari timur ke barat. Ini agar wilayah timur Indonesia termasuk tanah Papua lebih cepat merasakan kemajuan sebagaimana yang telah dirasakan masyarakat di wilayah barat.

“Makanya kunjungan saya ke tanah Papua yang dimulai dari Biak kemudian ke Nabire dan sekarang ke Manokwari adalah untuk melakukan pemetaan dan survei lapangan untuk mengetahui apa-apa saja yang harus kami buat untuk bisa mengangkat kaum perempuan dan anak-anak di Papua, “ ujar wanita kelahiran Manokwari ini.|ZACK TONU BALA

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan