Menyusut, KPU dorong anggota PPD tiap distrik lebih giat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Manokwari mengumumkan hasil seleksi anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) yang mengikuti seleksi tahap terakhir yaitu seleksi wawancara beberapa waktu lalu. (Jumat, 2/3).

Dari 56 orang calon anggota PPD di seluruh distrik yang mengikuti seleksi wawancara, KPU telah menetapkan 27 orang yang lolos menjadi anggota PPD dalam pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019.

Berbeda dengan kuota PPD pada pemilihan sebelumnya yang berjumlah 5 orang, ditahun ini melalui revisi Peraturan KPU yang sudah ditetapkan, kuota PPD hanya berjumlah 3 orang per distrik/kecamatan di seluruh kabupaten/kota se Indonesia.

Komisioner KPU Manokwari, Devisi Program, Data dan SDM, Teddy Pattikayhatu, saat memberikan pembekalan tentang tugas dan tanggungjawab anggota PPD manokwari mengatakan bahwa dengan adanya revisi tentang kuota PPD tersebut maka jelas akan bertambah berat beban tugas yang akan dikerjakan oleh anggota PPD di tiap-tiap distrik.

Ia menekankan kepada seluruh anggota PPD yang lolos agar dapat bekerja sama dalam menjalankan tugasnya dan selalu berkomunikasi baik dengan pemerintah distrik.

“Karena pemerintah distrik yang bertanggungjawab penuh atas apa yang berkaitan dengan masyarakat di kampung-kampung, olehnya itu anggota PPD diharuaskan selalu menjalin komunikasi baik dengan pemerintah distrik sebelum menjalankan tugasnya”.

Saya juga memberikan penekanan untuk beberapa distrik yang menjadi catatan penting bagi kami, misalanya distrik Tanah Rubuh, pengalaman pada PPD sebelumnya tidak ada satupun anggota PPD yang bekerja di sana, yang bekerja hanyalah sekretariat. Oleh karena itu jangan sampai hal itu terulang kembali, jika terjadi hal yang sama maka KPU akan mengambil tindakan untuk segera mengganti anggota PPD yang tidak menjalankan tugasnya”. Ungkap Teddy.

Ia juga meminta agar seluruh anggota PPD di luar distrik Manokwari Barat, Manokwari Timur dan Manokwari Selatan agar segera berkoordinasi dengan kepala-kepala kampung untuk membentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Karena PPS berdomisili di kampung-kampung, maka kami berharap anggota PPD di distrik Manokwari Utara, Warmare, Prafi, Sidey, Tanah Rubuh dan juga Masni agar secepatnya berkoordinasi dengan kepala-kepala distrik dan kepala-kepala kampung untuk membentuk anggota PPS sebelum tanggal 5 Maret agar dapat dilantik bersamaan dengan anggota PPS pada tanggal 8 Maret”.

Selain itu, untuk anggota PPD di distrik Manokwari Barat, Manokwari Timur dan Manokwari Selatan, agar berkoordinasi dengan seluruh kepala kelurahan untuk melakukan pendataan terhadap RT dan RW beserta nama dari RT dan RW tersebut. KPU sudah membuat surat untuk meminta salinan nama RT dan RW di srluruh kelurahan yang ada, dan sampai saat ini baru kelurahan Sanggeng saja yang mengambalikan surat kami. Oleh karena itu kami berharap agar anggota PPD di 3 distrik ini melakukan follow up terhadap data tersebut karena itu menjadi basis bagi KPU untuk melakukan pemutakhiran data pemilih”.Tupupnya. (Abdul Wahab Arey)

Leave a Reply

%d bloggers like this: