Mesin Perahu Bantuan Nelayan di Kampung Biryosi Sering Bermasalah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – DPRD Manokwari menyoroti bantuan perahu motor dalam kepada kelompok nelayan di Kampung Biryosi Sanggeng. Bantuan perahu tangkapan ikan itu dinilai tidak layak sehingga tidak dioperasikan nelayan sejak diserahkan akhir Desember 2014 lalu.

Anggota DPRD Manokwari Eli Wanma dan Maman Hermawan dan Trisep Kambuaya, Kamis kemarin meninjau langsung lokasi tambatan perahu bantuan tersebut untuk memastikan langsung.

Disana nelayan mengaku perahu bantuan tidak dapat digunakan dengan maksimal karena mesinnya sering mengalami gangguan. Desain perahu juga tidak sesuai dengan kondisi perairan Manokwari karena terlalu kecil sehingga membahayakan saat melaut.

“Nelayan menyatakan kondisi perairan Manokwari yang berhadapan langsung dengan samudra pasifik dengan arus laut dan gelombang yang tinggi sangat membahayakan mereka saat melaut,” kata Trisep mengutip pernyataan nelayan.

Anggota DPRD juga mendapati fakta bahwa bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat. Perahu juga terlihat tidak terawat dengan baik karena cat sudah terkelupas meski bantuan belum berumur 1 tahun. | MUHAMMAD RIZALDY