ilustrasi (Solopos.com)

Minat Baca di Manokwari, Fakfak dan Kota Sorong Meningkat

MANOKWARI, Cahayapapua.com-— Minat baca di kabupaten Manokwari, Fakfak dan Kota Sorong terus meningkat. Hal ini terlihat dari hasil Rakornis Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Papua Barat baru-baru ini.

Peningkatkan minat baca anak sekolah dan masyarakat umum mencapai hasil yang cukup memuskan yakni sekitar 65 persen dari hasil sebelumnya.

Selain ketiga kabupaten di atas, meski belum maksimal, namun hasil cukup memuaskan juga nampak dari beberapa kabupaten lainya yakni Sorong, Raja Ampat, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni.

Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Papua Barat, Bernadus Erari mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana serta program pembinaan perpustakaan Kabupaten/Kota di Papua Barat untuk mendorong minat baca warga Papua Barat.

Baru-baru ini, Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Papua Barat menyerahkan bantuan berupa 20 judul buku sebanyak 40 exemplar dan 20 rak buku ke Bagian Perpustakaan Kearsipan Daerah Setda Kabupaten Teluk Bintuni yang beralamat di Jalan Raya Bintuni, Kompleks Taman Terbuka. Bantuan diterima langsung oleh Kepala Bagian PKD Setda Teluk Bintuni.

Dia berharap bantuan tersebut bisa membantu meningkatkan minat baca anak sekolah maupun masyarakat umum yang menggunakan perpustakaan daerah sebagai sarana membaca. Menurutnya, Teluk Bintuni merupakan kabupaten yang persentase minat bacanya rendah dibanding kabupaten/kota lain di Papua Barat.

Ke depan, Bintuni juga direncanakan akan mendapat bantuan berupa mobil keliling yang sedang diusul ke pemerintah pusat. Sebelumnya, bantuan serupa juga telah diserahkan ke Perpustakaan dan Arsip Daerah di kabupaten Manokwari, Sorong, Teluk Wondama,Raja Ampat, Fakfak dan Kota Sorong. |SOETANTO

Tinggalkan Balasan