Ilustrasi, Dana Desa

Molor Lagi, Dana Desa Tahap I Manokwari Masih Diproses

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Pemkab Manokwari sampai dengan akhir September belum juga menyalurkan Dana Desa tahun 2015. Sebelumnya, sesuai perencanaan awal sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Robert Rumbekwan kepada pers beberapa waktu lalu, pencairan tahap I dilakukan paling lambat pada pertengahan September.

Dengan begitu, diharapkan paling telat pada awal Oktober, pencairan tahap II bisa dilakukan sehingga di akhir Oktober nanti bisa mulai tahap III. Dan kemudian pada November menyusul tahap IV.

Faktanya, pencairan tahap I sendiri sekarang ini masih dalam proses. Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKKAD) Ferry Lukas, Selasa (29/9/2015) di kantor bupati di Sowi Gunung membenarkan hal itu.

“(Dana Desa) dari APBN tahap I sudah diajukan sekarang sedang diproses sesuai pengajuan dari BPM (Badan Pemberdayaan Masyarakat),“ kata Ferry.
Padahal, sesuai ketentuan dari pemerintah pusat, semestinya pencairan tahap I dilakukan pada bulan April lalu. Ini berarti Pemkab Manokwari sudah terlambat 5 bulan.

Pemkab Manokwari pada tahun 2015 ini mendapat Dana Desa dari APBN sebesar Rp.44 miliar lebih. Dengan jumlah kampung sebanyak 164, diperkirakan setiap kampung akan menerima sekitar 200 juta.

Mengingat waktu yang sudah sangat sempit, Pemda mengimbau semua kepala kampung agar tidak menggunakan Dana Desa di tahun pertama ini untuk kegiatan fisik.

Sebab, jika memaksakan kegiatan fisik dan ternyata tidak terselesaikan sampai dengan 31 Desember, maka Pemkab Manokwari bisa terkena sangsi berupa pengurangan atau bahkan penghapusan Dana Desa untuk tahun berikutnya.|ZACK TONU BALA