Pray for Rohingya. (foto:Al jazeera)

MUI Papua Barat galang donasi untuk rohingya

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua Barat menggandeng sejumlah organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan mahasiswa Islam serta kelompok majelis taklim untuk menggalang donasi atau bantuan untuk warga etnis Rohingnya di Rakhine Myanmar.

Ketua MUI Papua Barat Achmad Nusrau di Manokwari, Minggu, mengatakan, aksi penggalangan dana sudah dimulai sejak pekan lalu.

“Kami merangkul NU, Muhammadiyah, OKPI seperti HMI dan KAMMI. Kita kerja bersama untuk menggalang bantuan bagi saudara kita Rohingnya,” kata dia di Masjid Alfalah, Wosi, usai mengikuti Tabliqh Akbar MUI Papua Barat, Minggu (17/9).

Dia menyebutkan, sejauh ini sudah terkumpul bantuan sebesar Rp.117 juta. Dana tersebut dari masjid-masjid di Manokwari, sekolah, Majelis Taklim, bantuan warga dari hasil penggalangan yang dilaksanakan mahasiswa di jalan-jalan protokol Manokwari.

Bantuan warga pun telah diterima melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Papua Barat. Penggalangan dana masih berlangsung di seluruh daerah Papua Barat.

“Kami sudah mengistruksikan seluruh pengurus MUI di kabupaten/kota agar mereka menggalang dana di wilayah masing-masing,” sebutnya.

Nusrau mengutarakan, ia akan segera berkoordinasi dengan panitia. Diharapkan bantuan yang sudah terkumpul segera bisa disalurkan.

“Malam ini kita akan menggelar pertemuan bersama, mudah-mudahan besok (Senin 18/9) kita sudah bisa mengirimkan bantuan tahap pertama. Selanjutnya kita berkoordinasi dengan MUI kabupaten/kota untuk mengiriman bantuan tahap kedua,” katanya lagi.

MUI, lanjutnya menambahkan sudah berkoordinasi dengan lembaga resmi yang akan menyalurkan bantuan tersebut. Dipastikan donasi warga ini sampai ditangan warga Rohingnya. (ibn)

 

Tinggalkan Balasan