Murid SD Pengunjung Utama Perpustakaan di Wondama

TELUK WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Pengunjung yang datang di Perpustakaan Daerah Kabupaten Teluk Wondama lebih dominan dari kalangan siswa sekolah dasar dibanding pelajar menengah dan atas, maupun orang dewasa.
Hal ini diungkap Kepala Perpustakaan, Arsip dan Pelayanan Data Elektronik Kabupaten Teluk Wondama, Dra. Hermin Sasarimbing kepada Cahaya Papua, Kamis (11/12).
“Itu menjadi tantangan kami selaku pengelola perpusatakaan. Kendalanya barang kali seiring kemajuan zaman dimana mudah mengakses informasi melalui internet sehingga menurunkan minat pengunjung ke perpustakaan,” kata Hermin.
Diakui bahwa saat ini internet menjadi rujukan bagi siswa menengah, atas dan masyarakat dalam mencari tugas sekolah maupun informasi yang dibutuhkan. Dan menyikapinya, instansinya kini telah memasang internet berupa jaringan wifi yang bisa diakses pengunjung Perpustakaan.
“Instansi kami juga terdapat Pengelolaan Elektronik, jadi atas saran Bapak Bupati Kabupaten Teluk Wondama, jaringan internet lalu kami pasang juga di Perpustakaan untuk menjawab kebutuhan para minat baca,” infonya.
Pelayanan jaringan akses internet tersebut, kata Hermin, merupakan inovasi yang dilakukan instansinya dalam menjawab kebutuhan pengunjung.
“Tahun 2014 ini memang pengunjung cukup menonjol namun belum begitu signifikan, jadi besar harapan kami keberadaan Perpustakaan ini kedepannya lebih banyak menarik minta siswa dari semua tingkatan dan masyarakat umum,” tandasnya.|ADLU RAHARUSUN