Musda KNPI Versi Muhamad Rifai Darus Siap Digelar 21 Oktober

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Panitia Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat, Selasa (11/10/2016) hari ini mulai membuka pendaftaran bakal calon ketua KNPI Papua Barat.        

Ketua Musda KNPI III, Septi Meidodga dalam jumpa pers di sekretariat KNPI, Senin (10/10/2016) mengatakan, terkait dengan Musda maka saat ini panitia telah mempersiapkan semua tahapan, bukan saja Musda namun juga rapat koordinasi.

Sehingga dirinya mengimbau agar semua OKP dan OKPI serta ketua DPD KNPI kabupaten/kota se Papua Barat dapat melaporkan diri kepada panitia guna menindalanjuti Musda III KNPI Papua Barat tersebut.

“Kami harapkan partispasi dan kesiapan OKP serta DPD kabupaten/kota agar dapat berkomunikasi dengan panitia Musda,” tuturnya.

Sementara itu, Steering Commite Musda III Pemuda/KNPI Papua Barat tahun 2016, Jemmy Liusanda mengatakan, terkait dengan Musda yang dibuka hari ini akan dibuka sampai 17 Oktober mendatang, sedangkan untuk rakornya akan dilaksanakan 20 Oktober.

“Mengapa disebut rakor? Karena itu forum untuk menyamakan persepsi atau konsolidasi pemikiran antara caraketer dan pimpinan OKP serta DPD kabupaten/kota se-Papua Barat, lalu besoknya dilanjutkan dengan agenda Musda yang akan dihadiri oleh Ketua Umum KNPI Pusat Muhamad Rifai Darus,” terangnya.

Sesuai hasil Kongres Jayapura maka persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon, kata Jemmy, harus didukung oleh sekurang-kurangnya 5 organisasi pemuda tingkat Papua Barat dan 3 rekomendasi tertulis DPD KNPI kota.

“Mulai besok (hari ini,red) pimpinan OKP dapat menyiapkan diri dengan membawa surat bukti kepengurusan dari pengurus diatasnya yakni DPP dibuktikan dengan SK. Persyaratan ada umum dan khusus dan pendaftaran ini terbuka bagi siapapun pemuda di Papua Barat dan Indonesia,” ucapnya, seraya menambahkan steering commite bertanggung jawab terhadap Musda III KNPI Papua Barat.

Sekretaris Caretaker KNPI Papua Barat, Marinus Bonepay mengatakan pendaftaran ini terbuka untuk pemuda asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Kalau teman-teman dari KNPI sebelah mau bergabung kami persilahkan. Bukan mencari siapa yang salah atau menang, namun agar KNPI dapat kembali berjalan dengan baik dan pemuda di Papua Barat dapat bersatu,” katanya.

Sesuai dengan persyaratan yang ada bakal calon ketua KNPI Papua Barat periode 2016-2019 selain persyaratan umum terdapat persyaratan khusus yakni surat catatan kepolisian dari Polres Manokwari, surat keterangan bebas narkoba dan surat bersedia jika di pilih sebagai ketua DPD KNPI Papua Barat periode 2016-2019 bermeterai 6 ribu.

Sedangkan untuk tahapan pelaksanaan diawali dengan pendaftaran OKP mulai hari ini sampai 17 Oktober mendatang, verifikasi OKP (Pleno DPD KNPI) 18 Oktober, pengumuman OKP yang lolos verfikasi 20 Oktober 2016. Pada pra Musda digelar deklarasi kandidat diikuti pawai kandidat 19 Oktober dilanjutkan dengan debat kandidat 20 Oktober dan Musda 20-21 Oktober 2016. (ACS)

 

Tinggalkan Balasan