Bupati Mansel Markus Waran memberikan sambutan, sebelum membuka Musda I Koni Mansel, kemarin(1)

Musda I KONI Mansel, Ini Harapan Bupati

RANSIKI, Cahayapapua.com— Musyawarah daerah Komite Olahraga Nasional Indonesia (Musda-Koni) I Kabupaten Manokwari Selatan menjadi momentum yang tepat, dimulainya pembentukan pengurus Koni dan cabang olahraga di Kabupaten Manokwari Selatan.

“Hari ini saudara-saudara memulai lembaran baru pembinaan olahraga di daerah ini. Untuk itu saya berharap, melalui musyawarah ini, dapat dibentuk susunan pengurus Koni Kabupaten Manokwari Selatan, yang memiliki jiwa pengabdian dan loyalitas yang tinggi terhadap olahraga,” kata Bupati Manokwari Selatan Markus Waran sebelum membuka Musda Koni I Kabupaten Mansel, di gedung pemuda, Jumat (2/3).

Bupati percaya siapapun yang nantinya terpilih sebagai pengurus Koni, adalah figur-figur yang siap memajukan pembangunan di bidang olahraga, melalui pembinaan yang kontinyu dan terukur.

“Melalui hal itu, saya yakin akan melahirkan atlit-atlit olahraga berprestasi, dan mengharumkan nama Kabupaten Manokwari Selatan,” kata bupati.

Diketahui bahwa Kabupaten Manokwari Selatan telah menyumbangkan banyak atlit di berbagai cabor yang memperkuat kontingen Papua dan Papua Barat, salah satunya, seperti pemain sepakbola Prisca Womsiwor di Persipura. Ini merupakan bibit yunior yang berkanca di tingkat nasional.

Melalui Musda I ini ia mengajak semua potensi yang ada di Manokwari Selatan untuk bersama-sama, membangun olahraga di daerah ini. “Sehingga tidak ada lagi yang berpencar, kita bersatu untuk meningkatkan kemampuan di bidang olahraga dalam wadah Koni,” tutur bupati.

Koni sebut bupati, adalah organisasi yang berwenang dan bertanggungjawab mengelolah, membina, dan mengembangkan olahraga. Ini menjadi wahana yang stategis dan penting dalam mengangkat sumber daya manusia, mengangkat watak dan karakter, fisik yang optimal dan mengangkat harkat dan martabat suatu daerah dalam bidang olahraga.

Lanjut bupati, bahwa pembinaan olahraga berada pada organisasi Koni, ada yang tingkat daerah maupun nasional, dan merupakan wadah yang sangat profesional. Untuk mencapai prestasi olahraga sesuai amanat UU RI No 3 tahun 2015 pasal 27 tentang olahragaan, maka pembinaan dan pengembangan olahraga ditingkat kabupaten, harus disertai dengan kepengurusan yang baik, dengan memperhatikan  organisasi, baik managemen adminstrasi keuangan maupun program.

Cabor yang sudah dibentuk di Manokwari Selatan, antar lain, cabor Pasi, Pertina, PSSI, POSSI, Perpani, Taekwondo, Sepaktakrauw, IPSI serta PBVSI. “Pilihlah  figur-figur yang sesuai, untuk membina cabang-cabang olahraga, sehingga kelak akan memberikan hasil yang membanggakan di Kabupaten Manokwari Selatan. Untuk itu, kepengurusan Koni dan cabang olahraga yang akan dibentuk, sekali lagi saya harapkan benar-benar loyal, kompak, solid, dengan menciptakan iklim kerja sama yang baik, sesuai dengan program dan aturan organisasi, sehingga dapat menghasilkan atlit-atlit terbaik yang berperestasi dan dapat mengangkat nama Kabupaten Manokwari Selatan,” tuntas bupati. |Bustam

Leave a Reply

%d bloggers like this: