Sekda Papua Barat, Nataniel D Mandacan

Nataniel Imbau Pegawai Ikuti Nikah Massal

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat Nataniel D Mandacan mengajak para pegawai negeri sipil di daerah tersebut mengikuti program nikah massal yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Darma Wanita setempat.

“Dharma Wanita bersama Dinas Keoendudukan provinsi memfasilitasi pelaksanaan nikah massal tanpa bayar. Pegawai yang sudah nikah secara gereja atau agama dapat mengikuti nikah massal ini,’’kata Sekda Kamis(27/4).

Nataniel menyebutkan, pernikahan seluruh aparatur sipil negara wajib terdaftar dalam data Dinas Kependudukan. Hal ini penting untuk menjamin dan memenuhi hak istri dan anak mereka.

“Kalau pernikahan belum tercatat di negara pegawai tidak akan memperoleh tunjangan istri dan anak. ASN yang pernikahannya belum tercatat harus pahami ini,” kata dia lagi.

Dia mengutarakan, setiap tahun Dinas Kependudukan menggelar program nikah massal. Program nikah massal tahun ini sudah disosialisasikan sejak awal tahun lalu, namun hingga pekan ini belum ada pegawai provinsi yang mendaftar.

Sesuai data Dinas Kependudukan, katanya, sudah cukup banyak  pegawai di pemerintah Kabupaten Manokwari yang mendaftar. Diharapkan pegawai provinsi memanfaatkan program tersebut.

Menurut Sekda, program nikah massal menjadi bagian dari pembinaan pegawai. Ini sebagai upaya dan perhatian pemerintah dan mensejahterakan pegawai dan keluarganya.

“Seperti tunjangan beras, yang belum menikah secara sipil hanya dapat 20 kilogram perbulan. Bagi yang sudah ditambah istri dan 2 anak menjadi 40 kg perbulan,” ujarnya menambahkan.

Dia menjelaskan, melalui prigram ini pegawai akan diperoleh surat nikah dan akan disampaikan kepada Badan Kepegawaian serta Badan  Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BOKAD). Dengan demikian, hak istri dan anak masuk dalam daftar pemerintah daerah.

“Pegawai harus bisa memperhatikan kesejahteraan keluarga. Selain jatah beras ada tambahan tunjangan yang lain, lumayan meskipun kecil,’’ pungkasnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan