Mantan Plh Gubernur Papua Barat Nataniel Mandacan (kiri) secara simbolis menyerahkan dokumen pertanggungjawaban kepada Plt Gubernur Papua Barat Eko Subowo.

Nataniel Serahkan Jabatan, Eko: Prioritas Saya Sukseskan Pilkada

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Nataniel Mandacan, yang menjabat selama 15 hari sebagai pelaksana harian Gubernur Papua Barat, Senin (6/2), resmi menyerahkan jabatannya kepada Penjabat Gubernur Papua Barat Eko Subowo.

Dalam acara serah terima tersebut, Nataniel melaporkan berbagai hal terkait perangkat daerah dan penetapan anggaran yang sudah dilakukan pasca Abraham Atururi melepas jabatannya sebagai gubernur Papua Barat.

“Setelah Mendagri melantik Pj. Gubernur Papua Barat pada (30/01) lalu, kini saya menyerahkan kembali jabatan Plh kepada Eko Subowo. Kami siap membantu tugas-tugas Pj terutama mensukseskan Pilkada gubernur,” ujar Nataniel mengawali sambutannya.

Dikatakan sehubungan dengan penetapan peraturan pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang penetapan perangkat daerah yang harus disesuaikan di Papua Barat telah ditindak lanjuti dengan menetapkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah.

“Perlu saya laporkan bahwa pegawai di lingkup Pemrov Papua Barat seluruhnya berjumlah 200 lebih. Itu belum termasuk pindahan dari kabupaten/kota termasuk guru-guru, sedangkan total APBD tahun 2017 yang sudah di tetapkan sebesar Rp 6,800 triliun lebih. Sementara anggaran belanja daerah sebesar Rp 7,168 Triliun lebih dan total aset hingga Januari 2017 mencapai Rp 2,8 triliun,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut kata Nataniel melaporkan selama menjabat sebagai Plh dirinya telah menandatangani 3 Peraturan Gubernur, 28 Keputusan Gubernur serta 1 Instruksi Gubernur. Setelah penyerahan jabatan ini dia kembali menjabat sebagai Sekda Papua Barat.

Sementara Pj Gubernur Papua Barat Eko Subowo mengatakan penunjukan dirinya oleh Mendagri hanya membantu Pemerintah Papua Barat agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan baik, terutama mensukseskan Pilkada gubernur, bupati dan walikota di Papua Barat.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemprov Papua Barat, sebab sebelum saya ditunjuk sebagai Plt Gubernur semuanya sudah komplit, seperti Perda APBD sudah di tetapkan, penempatan jabatan struktural sebagai pengisian personil. Berbeda dengan teman-teman saya di daerah lain seperti di Aceh. Saat masuk disana Perda baru ditetapkan beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dia berharap kehadiranya di Papua Barat dapat membantu pemerintahan maupun masyarakat yang ada di wilayah ini termasuk hingga dilantiknya gubernur dan wakil gubernur devinitif hasil Pilkada 2017.

“Prioritas saya dalam waktu dekat ini adalah bagaimana pun kita sukseskan Pilkada Papua Barat sehingga jangan ada gugat menggugat dan masalah lainnya,” ujar Eko Subowo.

Hadir dalam acara serah terima jabatan itu Pangdam VXIII Kasuari, serta beberapa staf dari Kementerian Dalam Negeri dan pejabat di lingkup Pemprov Papua Barat. (MAR)

Tinggalkan Balasan