Kasat Reskrim Polres Manokwari AKP Aries Diego Kakori
Kasat Reskrim Polres Manokwari AKP Aries Diego Kakori

Netizen Diminta Bijak Gunakan Medsos

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Masyarakat pengguna jasa media sosial atau netizen diminta bijak dalam memanfaatkan media tersebut, terutama dalam menyikapi setiap peristiwa yang terjadi di wilayah Kabupaten Manokwari.

Hal ini disampaikan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari AKP Aries Diego Kakori, Jumat (4/11/2016) menyikapi antusiasme netizen atas peritiwa yang terjadi di Manokwari beberapa pekan terakhir.

Diego berharap, warga memanfaatkan jasa media sosial secara baik dengan tidak menyebarkan informasi yang bersifat spekulatif dan syarat akan provokasi.

Menurut dia, peran jasa media sosial sangat besar bagi psikologi massa baik yang bersifat negatif maupun positif. Sebaiknya, medsos dimanfaatkan untuk menebarkan kebaikan dan mendorong hal-hal yang lebih bersifat produktif.

“Jika memberikan analisa dan diposting ke media sosial, sebaik dilakukan berdasarkan fakta. Ingat bahwa, apa yang posting bisa membakar emosi pembaca,”kata dia.

Baik dan buruk dari informasi yang tersebar dari media sosial, kata dia, akan berdampak terhadap situasi keamanan dan ketertiban di daerah ini. “Memposting foto silakan, tapi tolong disensor jangan posting foto terlalu fulgar. Gunakan juga kata-kata yang baik, karena bisa saja apa kita posting ke medsos bisa beresiko hukum,”ujarnya lagi.

Diego tak ingin, status maupun gambar yang di sebar melalui media sosial menciderai fakta serta merugikan pihak-pihak tertentu. Patroli cyber akan dilakukan untuk mencegah dampak buruk dari penggunaan media sosial di daerah ini.

Ia pun berterima kasih, sebab peran netizen di Manokwari beberapa waktu belakangan ini cukup membantu peran polri dalam mengungkap kasus dan menangkap pelaku kejahatan.(IBN)

Tinggalkan Balasan