Travel Kompas

Nyaris putus, jalan trans Papua Barat di Bembab mulai disurvei

MANSEL, Cahayapapua.com— Setelah sekian lama di keluhkan warga, jalan Trans Papua Barat yang nyaris putus di Gunung Bembab, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, mulai mendapat perhatian.

Lokasi yang nyaris putus tersebut sudah mulai di tinjau. Informasi yang diperolah Cahaya Papua, dalam jangka satu atau dua bulan kedepan tahapan perencanaan sudah bisa rampung. Sayangnya konsultan perencana yang mengaku dari Balai Besar Jalan Nasional yang ditemui di lapangan enggan menyebutkan nama perusahaannnya.

Konsultan ini menyampaikan untuk tahap pertama proses perencanaan, mereka akan melakukan penelitian kontur dan struktur tanah. Ini dibutuhkan untuk menentukan model fisik penanganan kedepan.

“Kita masih meninjau kondisi tanha, baik itu kontur tanah maupun strukturnya,” kata tanaga lapangan ini.

Meskipun kondisi jalan di salah satu tikungan di Gunung Bembab tersebut cukup menghawatirkan, pihak konsultan ini menilai kondisi kerusakan masih kategori ringan. Panjang lonsoran pun dinilai tidak teralu jauh.

Lebih lanjut, konsultan tersebut menjelaskan, untuk lokasi Gunung Bembab hanya satu titik yang akan mereka tangani perencanaannya.

Sesuai pantauan media di sepanjang jalur Bembab, ada beberapa titik yang terlihat tanda-tanda kerusakan, dimana badan jalannya sudah mulai longsor. (acm)

Tinggalkan Balasan