Ombudsman

Ombudsman Koordinasi ke Jakarta Soal Kasasi Bekas Anggota DPR PB

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Ombudsman Papua Barat menyatakan sedang membangun koordinasi dengan Ombusdman RI dalam penyelesaian pengaduan kasasi kasus korupsi sejumlah anggota DPR PB periode 2009 – 2014.

Kepala Perwakilan Ombudsman Papua Barat Nortbertus, mengatakan, koordinasi untuk mempertanyakan proses kasasi di Mahkamah Agung yang telah diajukan sejak akhir 2014.

Seperti diketahui, hampir seluruh anggota DPR PB periode 2009-2014 dinyatakan bersalah dalam kasus korupsi Rp. 22 miliar oleh pengadilan Tipikor Jayapura Februari 2014.

Beberapa diantara mereka kemudian mengajukan Kasasi secara kolektif ke Mahkamah Agung, namun hingga kini putusan kasasi belum turun.

Menurut Nortbertus, putusan kasasi harusnya sudah ada, mengacu pada peraturan Mahkamah Agung tentang kasasi yang menyatakan proses kasasi berlangsung selama 90 hari kerja, terhitung sejak terdaftar.

“Ini akan membuat masyarakat bertanya-tanya sehingga saat ini kami tengah melakukan koordinasi dengan Ombudsman RI dan Mahkamah Agung di Jakarta,” terang Nortbertus. “Kami mempertanyakan tindaklanjut kasasi tersebut.” | RIZALDY